Triyandana, Arga (2022) Pengembangan model pembelajaran sains sekolah dasar berbasis green curriculum untuk menumbuhkembangkan, berpikir kreatif, sikap peduli lingkungan serta budaya ramah lingkungan / Arga Triyandana</p>. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil kajian yang dilakukan oleh Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC 2013) menunjukkan adanya perubahan iklim dengan kenaikan temperatur di Asia Tengggara yang sangat signifikan (Howarth Viner Dessai Rapley amp Jones 2017). Dampak perubahan iklim di kawasan Asia Tenggara termasuk di Indonesia diperkirakan akan meningkatkan ancaman terhadap ketahanan pangan kesehatan manusia ketersediaan air keragaman hayati dan kenaikan air laut. Salah satu upaya untuk mencegah dan mengatasi permasalahan diatas adalah dimulai dari Pendidikan. Pendidikan sekolah dasar memiliki peranan dalam pembentukan karakter anak. Tujuan penelitian ini adalah menciptakan desain pembelajaran sains sekolah dasar berbasis green curriculum dan menguji validitas serta efektifitas desain pembelajaran dalam menumbuhkembangkan Keterampilan berpikir kreatif sikap peduli lingkungan dan Budaya Ramah Lingkungan. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Pengembangan dengan menggunakan model pengembangan (Research and Development) ADDIE yang merupakan kependekan dari Analyze (analisis) Design (perancangan) Develop (pengembangan) Implement (penerapan) dan Evaluate (evaluasi). Hasil validasi terkait pengembangan perangkat pembelajaran sains sekolah dasar berbasis green curriculum adalah valid. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V Sekolah Alam MI Baipas Malang tahun pelajaran 2019/2020. Uji hipotesis menggunakan analisis statistik dengan Independen t test. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahi bahwa t hitung untuk keterampilan berpikir kreatif yang dihasilkan adalah sebesar 12 351 dengan signifikansi 0 000 lebih kecil dari alpha 0 05 ( lt 0 05) sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara siswa dengan green curriculum sebagai kelas eksperimen dan non green curriculum sebagai kelas kontrol. t hitung untuk sikap peduli lingkungan dihasilkan adalah sebesar 5 212 dengan signifikansi 0 000 lebih kecil dari alpha 0 05 ( lt 0 05) sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan pencapaian sikap peduli lingkungan antara siswa di kelas kontrol dan eksperimen. t hitung untuk budaya ramah lingkungan dihasilkan adalah sebesar 5 467 dengan signifikansi 0 000 lebih kecil dari alpha 0 05 ( lt 0 05) sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan pencapaian budaya ramah lingkungan antara siswa di kelas kontrol dan eksperimen. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajran sains sekolah dasar berbasis green curriculum yang dikembangkan layak praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang dikembangakn memiliki kelebihan dapat menumbuh kembangkan keterampilan berpikir kreatif sikap peduli lingkungan dan budaya ramah lingkungan yang dikembangkan melalui sintaks-sintaksnya.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Mar 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/365502 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |