Christarany, Debrina (2015) Manajemen praktik kerja industri (Prakerin) di SMK Penerbangan Angksa Singosari Malang / Debrina Christarany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Christarany Debrina. 2015. Manajemen Praktik Kerja Industi (Prakerin) di SMK Penerbangan Angkasa Singosari Malang. Skripsi Jurusan Administarsi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Mustiningsih M.Pd Pembimbing (II) Sunarni S.Pd M.Pd. Kata kunci manajemen layanan khusus manajemen praktik kerja industri. Sekolah menengah kejuruan merupakan sekolah kejuruan yang menyelenggarakan pendidikan pada dua tempat yaitu SMK itu sendiri dan dunia usaha dan dunia industri (DU/DI) yang disebut dengan Pendidikan Sistem Ganda (PSG). SMK perlu menyelenggarakan manajemen sekolah agar tujuan sekolah dapat tercapai. Salah satu manajemen sekolah untuk mengoptimalkan pencapaian tujuan adalah layanan khusus sekolah. Manajemen layanan khusus dianggap sangat penting dalam keberhasilan pendidikan di sekolah karena dengan adanya layanan khusus dapat memudahkan atau memperlancar proses pembelajaran peserta didik di sekolah. Salah satu ruang lingkup manajemen layanan khusus di sekolah yaitu PSG. Praktik Kerja Industri (Prakerin) merupakan program dari PSG kegiatan ini bersifat wajib ditempuh bagi peserta didik. Prakerin merupakan kegiatan peserta didik di SMK untuk menerapkan ilmu dan pengetahuan yang telah didapat selama ada di sekolah pada lingkungan kerja yang sesuai dengan bidangnya dan menurut kompetensinya. Agar proses kegiatan prakerin berjalan dengan baik tentunya diperlukan suatu manajemen yang baik agar kedepan kegiatan ini dapat berkembang. Berkaitan dengan itu diperlukan pembahasan mengenai manajemen praktik kerja industri (Prakerin). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan tentang pengelolaan kegiatan Prakerin bimbingan kegiatan Prakerin penilaian kegiatan Prakerin dampak kegiatan Prakerin dan faktor pendukung dan penghambat kegiatan prakerin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai instrumen kunci dengan subjek penelitian adalah WKS humas WKS kurikulum kaprog AFP dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data display data dan verifikasi data. Setelah data diperoleh kemudian dilakukan pengecekan keabsahan data dengan metode ketekunan pengamatan triangulasi dan kecukupan bahan referensi. Ada tiga tahapan dalam penelitian ini meliputi tahapan persiapan tahapan pelaksanaan dan tahapan pelaporan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa manajemen praktik kerja industri (Prakerin) di SMK Penerbangan Angkasa Singosari Malang yaitu 1) pengelolaan kegiatan Prakerin mulai dari (a) perencanaan yaitu meliputi menetapkan tujuan strategi mencapai tujuan SDM yang terlibat sosialisasi kegiatan pembagian peserta didik (b) pengorganisasian yaitu kepala sekolah menetapkan pembagian tugas dan tanggung jawab dan menyusun struktur kepengurusan (c) pelaksanaan yaitu pelaksanaan selama 2 bulan di perusahaan/ industri penerbangan yang telah bekerja sama kendala dalam pelaksanaan yaitu biaya waktu transportasi dan materi/teori (d) pengawasan yaitu dilakukan 1 bulan sekali secara langsung dan tidak langsung dan yang terlibat semua panitia (e) bimbingan kegiatan Prakerin lebih tentang cara penyusunan laporan dibagi 2 pembimbing dalam penyusunan laporan yaitu pembimbing umum dan pembim-bing kejuruan bimbingan Prakerin dilakukan selama awal kegiatan sampai akhir kegiatan dan (f) penilaian kegiatan Prakerin mengacu pada dua aspek yaitu aspek teknis dan aspek non teknis kriteria penilaian disesuaikan oleh perusahaan/ industri. 2) dampak kegiatan Prakerin yang diterima oleh peserta adalah positif tanggapan positif juga diterima dari perusahaan tentang kegiatan Prakerin dan pengaruh dari kegiatan Prakerin yang didapat sekolah yaitu sekolah mempunyai image yang bagus di masyarakat. 3) kegiatan Prakerin terdapat faktor pendukung dan faktor pengambat serta solusinya. Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada 1) bagi Yayasan SMK Penerbangan Angkasa Singosari Malang hendaknya penelitian ini dapat bermanfaat sebagai tambahan informasi tentang kegiatan Prakerin terutama pihak yayasan dapat mengetahui tentang proses manajemen Prakerin yang dilakukan oleh sekolah 2) bagi Kepala SMK Penerbangan Angkasa Singosari Malang hendaknya penelitian ini dapat menjadi bahan tambahan evaluasi terhadap manajemen Prakerin yang dilakukan oleh pihak sekolah sehingga dapat dijadikan masukan untuk perbaikan dalam proses manajemen Prakerin di masa yang akan datang 3) bagi Tim Pokja Prakerin SMK Penerbangan Angkasa Singosari Malang hendaknya dapat meminimalkan kendala dan faktor pengahambat kegiatan Prakerin. Sehingga kegiatan Prakerin dapat berjalan secara maksimal dan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan 4) bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya penelitian ini dapat digunakan untuk mengembangakan ilmu manajemen pendidikan yang berkaitan dengan manajemen layanan khusus terutama dalam kegiatan Prakerin 5) bagi Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya penelitian ini dapat digunakan untuk menambah pengetahuan tentang kegiatan Prakerin dalam manajemen layanan khusus yang ada di sekolah khususnya kegiatan Prakerin 6) bagi peneliti lain hendaknya penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi dan informasi awal untuk mengembangkan dan melaksanakan penelitian sejenis mengenai manajemen Prakerin.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3653 |
Actions (login required)
View Item |