Hubungan stres kerja dengan kinerja guru pada SD berbasis Islam/MI di Kecamatan Lawang-Kabupaten Malang / Mifta Khurrahmah Damayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan stres kerja dengan kinerja guru pada SD berbasis Islam/MI di Kecamatan Lawang-Kabupaten Malang / Mifta Khurrahmah Damayati

Damayati, Mifta Khurrahmah (2015) Hubungan stres kerja dengan kinerja guru pada SD berbasis Islam/MI di Kecamatan Lawang-Kabupaten Malang / Mifta Khurrahmah Damayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Damayati Mifta K. 2015. Hubungan Stres Kerja dengan Kinerja Guru pada SD Berbasis Islam/MI di Kecamatan Lawang-Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd (II) Desi Eri Kusumaningrum M.Pd. Kata Kunci stres kerja kinerja guru Pendidikan yang berkualitas berasal dari guru yang berkualitas. Guru yang berkualitas memiliki profesionalitas dalam bekerja. Guru yang profesional memiliki peran penting terhadap pembentukan keterampilan pengetahuan dan karakter peserta didik. Guru yang profesional harus memiliki empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Kinerja guru dapat optimal jika guru mampu mengelola stres kerja yang dimiliki. Sekecil apapun setiap guru selalu memiliki stres kerja. Hanya saja stres kerja tidak selalu berdampak negatif tetapi juga positif tergantung dari masing-masing guru dalam mengelolanya. Masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) seberapa tinggi kinerja guru pada SD berbasis Islam/MI di Kecamatan Lawang-Kabupaten Malang (2) seberapa tinggi stres kerja guru pada SD berbasis Islam/MI di Kecamatan Lawang-Kabupaten Malang (3) apakah ada hubungan stres kerja dengan kinerja guru pada SD berbasis Islam/MI di Kecamatan Lawang-Kabupaten Malang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) seberapa tinggi kinerja guru pada SD berbasis Islam/MI di Kecamatan Lawang-Kabupaten Malang (2) seberapa tinggi stres kerja guru pada SD berbasis Islam/MI di Kecamatan Lawang-Kabupaten Malang dan (3) hubungan stres kerja dengan kinerja guru pada SD berbasis Islam/MI di Kecamatan Lawang-Kabupaten Malang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu deskriptif korelasional dengan populasi terdiri dari para guru sekolah dasar berbasis Islam dan Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Lawang-Kabupaten Malang yang berjumlah 134 orang dan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik angket tertutup data dianalisis dengan teknik korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kinerja guru berada pada kualifikasi tinggi yang berada pada interval 128-171 dengan persentase sebesar 70% (70 orang) (2) stres kerja guru berada pada kualifikasi rendah yang berada pada interval 37-73 dengan persentase sebesar 52% (52 orang) dan (3) ada hubungan yang siginifikan stres kerja dengan kinerja guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) kinerja guru pada SD berbasis Islam/MI berada pada kategori tinggi terutama pada kompetensi kepribadian hal ini membuktikan bahwa guru melaksanakan tugas pokoknya dengan baik khususnya pada kompetensi kepribadian (2) stres kerja guru pada SD berbasis Islam/MI berada pada kategori rendah terutama disebabkan oleh lingkungan fisik hal ini mengindikasikan bahwa guru mampu mengelola stres kerja dengan baik khususnya guru mampu beradaptasi dengan lingkungan fisik sekitar sekolah dan (3) ada hubungan yang signifikan stres kerja dengan kinerja guru pada SD berbasis Islam/MI di Kecamatan Lawang-Kabupaten Malang sehingga ada keterkaitan antara stres kerja dengan kinerja guru. Saran penelitian ini adalah (1) kepala Dinas Pendidikan dan Departemen Agama agar senantiasa memantau kinerja guru-guru pada sekolah maupun madrasah yang dinaunginya (2) kepala SD berbasis Islam/MI di Kecamatan Lawang-Kabupaten Malang hendaknya terus memberi motivasi dan bersedia membantu menyelesaikan permasalahan guru dalam hal pekerjaan untuk meningkatkan kinerjanya (3) guru SD berbasis Islam/MI di Kecamatan Lawang-Kabupaten Malang agar senantiasa mempertahankan kinerja yang dimilikinya dan senantiasa mengelola stres kerja dengan bijaksana (4) ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini dapat menambah informasi yang berhubungan dengan stres kerja dan kinerja guru dan (5) peneliti lain penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan dalam penelitian sejenis dan dapat dikembangkan lagi dengan populasi yang lebih luas kompleksitas kerja yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3652

Actions (login required)

View Item View Item