Pengaruh leverage keuangan, profitbilitas dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba / Netya Nariswari Nirmalapuspa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh leverage keuangan, profitbilitas dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba / Netya Nariswari Nirmalapuspa

Nirmalapuspa, Netya Nariswari (2012) Pengaruh leverage keuangan, profitbilitas dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba / Netya Nariswari Nirmalapuspa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Leverage Keuangan Profitabilitas Perusahaan Ukuran Perusahaan Manajemen Laba Manajemen dapat mempengaruhi nilai pasar saham perusahaan melalui manajemen laba. Agency theory sebagai landasan terjadinya manajemen laba memiliki asumsi bahwa masing-masing individu semata-mata termotivasi oleh kepentingan diri mereka sendiri sehingga menimbulkan konflik kepentingan antara principal dan agent. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh leverage keuangan profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Pemilihan sampel ditentukan dengan menggunakan purposive sampling method dan menggunakan pool time series sehingga diperoleh sebanyak 48 data observasi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel leverage keuangan berpengaruh terhadap manajemen laba. Perusahaan dengan tingkat leverage tinggi akan termotivasi untuk melakukan manajemen laba. Sedangkan profitabilitas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Berdasarkan penelitian ini maka saran yang diberikan pada investor adalah agar lebih teliti dalam menilai laporan keuangan sedangkan terhadap perusahaan sebaiknya memperkecil praktik manajemen laba agar tidak merugikan untuk berbagai pihak dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian dengan memperbanyak sampel menambah rentang waktu yang lebih panjang dan menambah variabel lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36515

Actions (login required)

View Item View Item