Akuntabilitas keuangan sekolah berbasis audit keuangan (studi kasus di SMK Negeri 5 Malang) / Ufifatul Ilma - Repositori Universitas Negeri Malang

Akuntabilitas keuangan sekolah berbasis audit keuangan (studi kasus di SMK Negeri 5 Malang) / Ufifatul Ilma

Ilma, Ufifatul (2015) Akuntabilitas keuangan sekolah berbasis audit keuangan (studi kasus di SMK Negeri 5 Malang) / Ufifatul Ilma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilma Ufifatul. 2015. Akuntabilitas Keuangan Sekolah Berbasis Audit Keuangan (Studi Kasus di SMK Negeri 5 Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Imron Arifin M.Pd (II) Wildan Zulkarnain S.Pd M.Pd. Kata Kunci akuntabilitas keuangan sekolah audit keuangan 12288 12288 12288 12288 Memasuki era globalisasi tuntutan transparansi informasi keuangan semakin meningkat baik dari pengguna laporan keuangan internal maupun eksternal. Keberadaan akuntabilitas keuangan melalui keterbukaan informasi laporan keuangan sekolah kepada publik bertujuan agar semua dana yang ditarik sekolah diharapkan dapat dikelola dengan baik dan dipertanggungjawabkan kepada stakeholders pendidikan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses akuntabilitas keuangan sekolah (2) pemilihan tenaga audit keuangan (3) faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan audit keuangan (4) dampak tenaga audit eksternal terhadap sekolah khususnya manajemen keuangan. 12288 12288 12288 12288 Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus karena merupakan studi kasus tunggal melakukan penelitian di SMKN 5 Malang mengenai Akuntabilitas Keuangan Sekolah Berbasis Audit Keuangan. Prosedur pengumpulan data diperoleh dari observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data secara ilmiah melalui kredibilitas transferabilitas ketergantungan dan konfirmabilitas. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan melalui tahap pendahuluan tahap pelaksanaan dan tahap penyusunan laporan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh empat temuan. Pertama audit dilaksanakan melalui proses (1) auditor memahami penyajian laporan keuangan sekolah (2) auditor mengetahui kewajaran penyajian laporan keuangan (3) audit lanjutan pengujian setiap bukti transaksi (4) memberikan opini yang memuat kesimpulan audit dan rekomendasi. Kedua proses pemilihan tenaga audit berdasarkan musyawarah bersama antara Komite Sekolah Kepala Sekolah Wakil Kepala Sekolah dan pihak manajemen sekolah untuk menunjuk seorang akuntan. Ketiga adanya faktor pendukung audit (1) kesepakatan komite dengan sekolah (2) sistem sekolah yang terkelola baik (3) audit membantu meringankan kinerja guru maupun tata usaha 4) pengawasan keuangan lebih terjamin dan (5) komitmen pimpinan guru staf dan karyawan yang tinggi. Sedangkan faktor penghambatnya (1) pihak sekolah baru paham akuntansi (2) adanya kendala resiko bawaan dan resiko sistem pengendalian dan (3) padatnya kegiatan sekolah yang berbasis kejuruan. Keempat dampak audit (1) mengetahui berapa jumlah dan potensi aset sekolah (2) masyarakat luas dapat bertanya pertanggungjawaban keuangan sekolah kepada akuntan (3) terdeteksinya kekurangan sekolah dan (4) sistem preventif sekolah serta menciptakan perbaikan gradual dan terus menerus. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini disarankan untuk (1) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang untuk menerapkan ketentuan mengenai peraturan pengelolaan dana secara transparan pada setiap satuan pendidikan di Kota Malang agar terkelola sesuai standar (2) Kepala SMKN 5 Malang pengambilan keputusan sebaiknya selalu diupayakan untuk mengembangkan dan menciptakan terobosan baru untuk peningkatan mutu dan tercapainya visi misi sekolah (3) Staf karyawan dan guru SMKN 5 Malang untuk pengembangan dan peningkatan kualitas kinerja yang sesuai dengan prosedur dan terkendali oleh sistem (4) Auditor dapat menambah pengalaman praktik akuntan untuk meningkatkan kompetensi kinerja untuk menjadi seorang akuntan publik yang profesional (5) Wali murid sebagai stakeholders sekolah wajib dan berhak tahu informasi pertanggungjawaban dana sekolah (6) Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan pemahaman untuk mengelola dana keuangan secara transparan dan akuntabel itu sangat mutlak diperlukan dengan tata kelola sistem yang baik (7) Peneliti lain jika melaksanakan penelitian terkait keuangan sekolah hendaknya secara mendalam dan menyeluruh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3651

Actions (login required)

View Item View Item