Pengembangan multimedia pembelajaran Bahasa Inggris kelas VIII MTs. Nurul Ulum Malang / Ari Dwianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran Bahasa Inggris kelas VIII MTs. Nurul Ulum Malang / Ari Dwianto

Dwianto, Ari (2012) Pengembangan multimedia pembelajaran Bahasa Inggris kelas VIII MTs. Nurul Ulum Malang / Ari Dwianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Multimedia dan Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 8 MTs. Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di MTs Nurul Ulum Malang. Salah satu pokok bahasan yang diajarkan pada mata pelajaran Bahasa Inggris adalah tentang Grammar sub pokok bahasan Question Word. Pada materi Question Word siswa dituntut untuk memahami dan mengetahui dasar-dasar tentang kata tanya (question) sebelum siswa membuat sebuah kalimat tanya yang menggunakan subjek dan selain subjek. Hasil pengamatan menyatakan bahwa guru sering mengalami kesulitan dalam membuat siswa paham tentang question word dikarenakan keterbatasan media. Terbatasnya media ini merupakan kendala tersendiri bagi guru dan siswa. Berkaitan dengan kendala tersebut maka diperlukan sebuah upaya untuk mengatasi kendala di atas dengan pengembangan media untuk membantu guru dan siswa dalam mengikuti pembelajaran Question Word. Berkaitan dengan hal tersebut peneliti berupaya menghasilkan multimedia pembelajaran yang dapat membantu guru dalam proses pembelajaran serta membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan guru. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan multimedia pembelajaran ini adalah model Sadiman (2009). Dalam sistematika pengembangannya terdapat langkah-langkah sebagai berikut (1) Menganalisis kebutuhan (2) Merumuskan tujuan (3) Menyusun materi (4) Menyusun alat evaluasi (5) Menyusun multimedia pembelajaran (6) Menyusun petunjuk pemanfaatan (7) Produksi (8) Uji ahli (9) Revisi produk (10) Uji coba produk (11) Revisi dan penyusunan produk akhir. Berdasarkan hasil analisis data pengembangan multimedia pembelajaran ini memenuhi kriteria valid yang meliputi ahli media 91 7% valid ahli materi 90% valid siswa perseorangan 87 5% validdanuji coba kelompok besar 84 8% valid. Untuk hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan multimedia data menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai siswa dengan rata-rata peningkatan 15 dengan spesifikasi peningkatan nilai paling rendah adalah selisih 10 dan peningkatan paling tinggi adalah selisih 30 dari nilai sebelum penggunaan multimedia. Dari hasil data uji coba dapat disimpulkan bahwa (1) Multimedia Pembelajaran ini layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran (2) Multimedia Pembelajaran ini dapat membantu guru dalam mengajar dan membantu siswa dalam memahami materi Question Word. Pengembangan ini menghasilkan multimedia yang dikembangkan dengan software powerpoint yang didukung dengan program flash video dan delphi 7 kemudian dikemas dalam format CD yang disertai dengan petunjuk pemanfaatan bagi validator dan pengguna(audiens). Saran pengembang agar Multimedia Pembelajaran ini bisa dimanfaatkan oleh guru dalam pembelajaran khususnya pada materi Question Word. Bagi pengembang selanjutnya agar lebih mengembangkan Multimedia Pembelajaran dengan menambahkan animasi-animasi yang menarik dan mendukung materi dan menambahkan fitur-fitur lain seperti suara musik dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/365

Actions (login required)

View Item View Item