Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD-problem posing dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran non kooperatif pada mata pelajaran akuntansi kelas X SMK PGRI 2 Malang / Ahmad Rif'an Muttaqi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD-problem posing dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran non kooperatif pada mata pelajaran akuntansi kelas X SMK PGRI 2 Malang / Ahmad Rif'an Muttaqi

Muttaqi, Ahmad Rif'an (2012) Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD-problem posing dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran non kooperatif pada mata pelajaran akuntansi kelas X SMK PGRI 2 Malang / Ahmad Rif'an Muttaqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci metode pembelajaran STAD-Problem Posing peningkatan hasil belajar akuntansi Permasalahan yang sering terlihat dan dialami siswa pada mata pelajaran Akuntansi yaitu banyaknya siswa yang mengalami kesulitan siswa memahami konsep dasar akuntansi dan saat materi dijelaskan oleh guru banyak siswa yang tidak terlibat aktif di dalamnya. Pembelajaran yang mungkin untuk mengatasi masalah di atas adalah metode kooperatif yang membuat seorang untuk meningkatkan aktivitas. Metode STAD merupakan salah satu tipe kooperatif yang menekankan pada adanya aktivitas dan interaksi di antara siswa. Sinergi antara STAD dan Problem Posing selain siswa berdiskusi mengenai materi dan membuat soal dari informasi atau suatu permasalahan dalam kelompok mereka juga diharapkan mampu menyelesaikan soal yang dibuat teman.Tujuan penelitian adalah mengukur efektivitas pembelajaran kooperatif metode STAD-Problem Posing dan pembelajaran non kooperatif terhadap peningkatan hasil belajar akuntansi siswa kelas X angkatan 2011/2012 SMK PGRI 2 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimental-semu (quasi-experimental research). Pola pengelompokan sebagai variabel bebas dan data peningkatan hasil belajar sebagai variabel terikat. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X angkatan 2011/2012 SMK PGRI 2 Malang. Data berupa hasil belajar akuntansi yang didapatkan dari tes. Hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata peningkatan hasil belajar kelas eksperimen yaitu 9 96 dan kelas kontrol yaitu 4 00. Dari Mann Whitney U Test terlihat bahwa asymp. Sig. (2-tailed) / asymptotic significance untuk uji dua sisi adalah 0.035 atau probabilitas di bawah 0.05 (0.035 0.05) maka Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar akuntansi dilihat dari rata-rata (mean) peningkatan masing-masing kelas karena dari Mann Whitney U Tes didapatkan bahwa terdapat perbedaan maka untuk menentukan pola yang paling efektif yaitu dengan membandingkan nilai rata-rata peningkatan hasil belajar. Peneliti/mahasiswa lain yang ingin mengadakan penelitian yang sama diharapkan melakukan penelitian pada mata pelajaran yang lain atau materi yang lain hendaknya memperhatikan dengan jeli kegiatan yang dilakukan oleh siswa dan pengarahan pada siswa saat proses problem posing dan memperhatikan penggunaan waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36496

Actions (login required)

View Item View Item