Prasetyo, Rudi (2024) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan literasi statistik peserta didik sekolah dasar / Rudi Prasetyo</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penyajian informasi melalui berbagai media sering menggunakan bentuk statistik misalnya statistik deskriptif. Kondisi ini membuat literasi statistik merupakan kemampuan yang penting untuk dikuasai peserta didik dalam pembelajaran matematika. Dengan literasi statistik diharapkan peserta didik dapat memahami bahasa statistik yang meliputi kata simbol dan istilah serta mampu menginterpretasikan grafik dan tabel serta membaca serta memahami data statistik yang terdapat dalam berita media jajak pendapat dan sebagainya sehingga dapat menyelesaikan masalah sehari-hari. Kondisi di sekolah kemampuan literasi statistik peserta didik perlu ditingkatkan. Berdasarkan studi awal diketahui bahwa literasi statistik peserta didik belum dapat mencapai hasil yang maksimal karena kendala pada perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang ada belum dapat membelajarkan peserta didik secara jelas terarah dan bertahap untuk mengembangkan literasi statistik peserta didik. Dengan kata lain belum ada perangkat pembelajaran yang satu paket lengkap dan sesuai antara rencana pembelajaran bahan ajar dan penilaian literasi statistik. Untuk itu perlu dilakukan penelitian yang bertujuan menghasilkan produk perangkat pembelajaran berupa Modul Ajar dan LKPD berbasis Inkuiri Terbimbing yang digunakan untuk meningkatkan literasi statistik pada peserta didik kelas V sekolah dasar yang valid praktis dan efektif. Penelitian pengembangan dilakukan menggunakan model Dick and Carey tahun 2015. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 1 Karangsari Kota Blitar yang terdiri dari 21 anak dengan rincian 8 laki-laki dan 13 perempuan. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2023-3024 selama 2 bulan mulai bulan Maret sampai bulan April 2024. Data dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif untuk mengetahui validitas dan kepraktisan produk yang dikembangkan. Validitas produk diperoleh dari validasi ahli. Data mengenai kepraktisan produk diperoleh dari observasi respon pengguna produk dan peserta ujicoba produk dalam pembelajaran. Data kuantitatif untuk mengetahui efektivitas produk yang dikembangkan terhadap kemampuan literasi statistik peserta didik. Data kuantitatif berupa hasil tes tulis terhadap kemampuan literasi. Hasil penelitian terdiri dari hasil uji validitas uji kepraktisan dan uji efektivitas. Hasil uji validitas dari ahli terhadap modul ajar menunjukkan persentase 98% dan validitas LKPD menunjukkan persentase 87% yang berarti perangkat pembelajaran yang dikembangkan ldquo Sangat Valid rdquo . Hasil uji kepraktisan dari observasi menunjukkan persentase 94% hasil angket respon guru menunjukkan persentase 94% serta hasil angket respon peserta didik menunjukkan persentase 95%. Data ini menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kriteria ldquo Sangat Praktis rdquo yang berarti bahwa perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan sangat baiik oleh guru dan peserta didik. Hasil uji efektivitas menunjukkan ketuntasan belajar 90 5% dan nilai rata-rata kelas 80 7 dengan kriteria ketuntasan belajar 70. Hal ini berarti perangkat pembelajaran ldquo Sangat Efektif rdquo meningkatkan kemampuan literasi statistik peserta didik kelas V. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran telah menghasilkan produk Modul Ajar dan LKPD yang valid praktis dan efektif. Kemudian untuk pengembangan perangkat pembelajaran disarankan untuk lebih akurat dalam mengatur kesesuaian anatar alokasi waktu dan banyaknya kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/364928 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |