Riyana, Gita Dias (2024) Pengaruh model direct instruction dan model problem based learning terhadap hasil belajar IPS pebelajar yang memiliki locus of control berbeda / Gita Dias Riyana</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Beragamnya pendekatan pembelajaran dimasa sekarang akan membawa peluang kepada pebelajar untuk mengalami growt in learning. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran (direct instruction dan problem based learning) dalam pembelajaran terhadap hasil belajar IPS pebelajar yang memiliki locus of control berbeda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan eksperimental factorial 2x2. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. 56 pebelajar diambil sebagai subjek penelitian dan dibagi menjadi 2 kelompok menggunakan tekni cluster. Semua data dianalisis dengan teknik statistik Anova 2 jalur (2x2) yang perhitungannya menggunakan program komputer SPSS Versi 27. Hasil penelitian mengungkapakan (1) ada perbedaan signifikan hasil belajar IPS pebelajar antara kelompok yang diberi perlakuan model direct instruction dengan kelompok yang diberi perlakuan model problem based learning. Nilai rata-rata hasil belajar pada kelompok model direct instruction lebih tinggi dibandingkan nilai pada kelompok model problem based learning. (2) ada perbedaan signifikan hasil belajar IPS pebelajar yang memiliki locus of control internal dengan pebelajar yang memiliki locus of controleksternal. Hasil belajar pada kelompok locus of control internal lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok locus of control eksternal (3) tidak ada interaksi antara model direct instruction dan model problem based learning dengan locus of control terhadap hasil belajar IPS pebelajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/364925 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |