Studi kasus kemampuan literasi sains siswa SD di Kabupaten Blitar / Mochamad Iqbal Muttaqin</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kasus kemampuan literasi sains siswa SD di Kabupaten Blitar / Mochamad Iqbal Muttaqin</p>

Muttaqin, Mochamad Iqbal (2024) Studi kasus kemampuan literasi sains siswa SD di Kabupaten Blitar / Mochamad Iqbal Muttaqin</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan literasi sains melibatkan pemahaman terhadap konsep-konsep ilmiah serta kemampuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan survei internasional seperti PISA dan TIMMS kemampuan literasi sains siswa di Indonesia masih berada di bawah rata-rata. Faktor-faktor seperti pola pikir berkembang (growth mindset) dan pola pikir tetap (fixed mindset) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan literasi sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil literasi sains siswa kelas IV di SDN 05 Kademangan dan mengidentifikasi pola pikir siswa terkait dengan kemampuan literasi sains mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di mana data dikumpulkan melalui tes literasi sains observasi di kelas wawancara dengan siswa dan guru serta analisis dokumen pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa bervariasi dalam tiga domain konten Life Science (69 7%) Physical Science (73 3%) dan Earth Science (53 3%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa lebih menguasai konsep fisika dasar dibandingkan dengan konsep biologi dan geologi. Dari segi pola pikir mayoritas siswa berada pada kategori pola pikir naive (74 3%) yang mencerminkan keterbatasan dalam pemahaman konsep ilmiah. Hanya 22 5% siswa yang menunjukkan pola pikir advanced yang mampu berpikir kritis dan menghubungkan konsep-konsep ilmiah yang lebih kompleks. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya pengembangan pola pikir berkembang untuk meningkatkan kemampuan literasi sains. Siswa dengan pola pikir berkembang lebih mampu mengatasi tantangan akademis dan menyelesaikan masalah ilmiah secara lebih efektif dibandingkan siswa dengan pola pikir tetap.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Oct 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/364919

Actions (login required)

View Item View Item