Khoiri, Ahmad (2024) Kesiapan pendidik dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar: studi kasus korwil pendidikan Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar / Ahmad Khoiri</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini berfokus pada kesiapan guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar (SD) Korwil Pendidikan Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan metode campuran yang melibatkan proyek dua tahap yang disebut dengan Explanatory Sequential Mixed Method pengumpulan data kuantitatif dan analisisnya kemudian dilanjutkan dengan tahap kualitatif berdasarkan hasil analisis sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pendidik di Korwil Pendidikan Kecamatan Bakung menunjukkan kesiapan untuk menerapkan Kurikulum Merdeka. Aspek yang menunjukkan kesiapan meliputi penyusunan perencanaan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) perancangan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) penggunaan dan pengembangan perangkat ajar kolaborasi antar pendidik kolaborasi dengan orang tua/wali murid kolaborasi dengan masyarakat/komunitas/DUDI serta refleksi evaluasi dan peningkatan kualitas kurikulum. Namun beberapa aspek masih menunjukkan tingkat kesiapan di bawah rata-rata seperti sistem perancangan pembelajaran dan asesmen perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) implementasi P5 pembelajaran berpusat pada peserta didik keterpaduan penilaian dalam pembelajaran dan pembelajaran sesuai tahap belajar peserta didik. Faktor penghambat yang diidentifikasi antara lain pemahaman konsep Kurikulum Merdeka yang belum mendalam keterbatasan jumlah guru penggunaan buku panduan dari gugus tanpa modifikasi ketidakpahaman cara merancang melaksanakan dan mengasesmen P5 proses persiapan Proyek P5 yang panjang dan kompleks serta kesulitan beradaptasi dengan perubahan Capaian Pembelajaran (CP) yang baru. Faktor pendukung yang ditemukan meliputi motivasi dalam diri guru untuk memahami konsep Kurikulum Merdeka kolaborasi antar guru dan kepala sekolah kolaborasi antar sekolah dan dukungan pemerintah melalui program-program seperti Platform Merdeka Mengajar (PMM) guru penggerak dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Kinerja. Penelitian ini memberikan gambaran tentang kesiapan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di sekolah dasar Korwil Pendidikan Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar serta faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan tersebut. Temuan ini dapat menjadi dasar bagi pengembangan program dan kebijakan untuk meningkatkan kesiapan pendidik dalam penerapan Kurikulum Merdeka di masa depan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/364911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |