Manajemen kelas di SD Nasional Plus My Little Island Malang / Maydita - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen kelas di SD Nasional Plus My Little Island Malang / Maydita

Maydita (2015) Manajemen kelas di SD Nasional Plus My Little Island Malang / Maydita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maydita. 2015. Manajemen Kelas di SD Nasional Plus My Little Island Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Maisyaroh M.Pd. (II) Dr. Asep Sunandar S. Pd M. AP. Kata Kunci manajemen kelas 12288 12288 12288 Kualitas peserta didik sangatlah penting bagi kemajuan suatu bangsa diera globalisasi saat ini. Kualitas peserta didik tidak lepas dari peran guru yang mengelola kelas dengan baik. Pengelolaan kelas yang baik dapat menciptakan belajar mengajar yang efektif dan efesien. Manajemen kelas merupakan pengelolaan kegiatan di dalam kelas serta memberikan motivasi kepada peserta didik agar tercapai tujuan yang diinginkan. Manajemen kelas juga bertujuan untuk mengarahkan dan mewujudkan suasana kelas yang efektif dan menyenangkan. Manajemen kelas yang tepat dapat membuat kegiatan berjalan lancar. Keunggulan di SD Nasional Plus My Little Island Malang salah satu sekolah dasar Plus dengan menggunakan dua kurikulum yaitu kurikulum nasional dan Singapura. 12288 12288 12288 12288 Fokus penelitian yaitu manajemen kelas di SD Nasional Plus My Little Island Malang. Fokus rinci penelitian terdiri dari (1) upaya pengaturan lingkungan fisik kelas di SD Nasional Plus My Little Island Malang (2) pendekatan manajemen kelas di SD Nasional Plus My Little Island Malang (3) indikator keberhasilan manajemen kelas di SD Nasional Plus My Little Island Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini terletak di Jalan Raya Lembah Dieng 7 Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang terdiri dari (1) peningkatan ketekunan dalam penelitian (2) triangulasi (3) member checks (pengecekan anggota). 12288 12288 12288 12288 Hasil temuan penelitian ini meliputi (1) upaya pengaturan lingkungan fisik kelas di SD Nasional Plus My Little Island Malang terdiri dari ruangan tempat berlangsungnya proses belajar mengajar yang luas dan bentuknya sudah sesuai dengan jumlah peserta didik pengaturan tempat duduk yang bervariasi dalam bentuk tempat duduknya sesuai dengan kebutuhan serta dilakukan moving tempat duduk ventilasi dan pengaturan cahaya yang setiap kelas memiliki jendela yang sesuai dengan luas tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil pengaturan penyimpanan barang-barang setiap siswa memiliki satu almari untuk menyimpan barang ada pula almari untuk penyimpanan hasil karya siswa serta almari untuk guru (2) pendekatan manajemen kelas di SD Nasional Plus My Little Island Malang terdiri dari pendekatan kekuasaan dengan membuat peraturan dan menjadikan peraturan sebagai acuan kedisiplinan pendekatan kebebasan dengan memberi kebebasan peserta didik dalam mengerjakan sesuatu di dalam kelas tanpa membatasi ruang gerak peserta didik pendekatan perubahan tingkah laku siswa bisa lebih mematuhi peraturan yang ada dan siswa lebih semangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di dalam kelas pendekatan sosio-emosional climate adanya hubungan baik antara peserta didik dengan pendidik interaksi dan komunikasi yang baik antara peserta didik dengan pendidik dan peserta didik dengan peserta didik lainnya pendekatan kerja kelompok guru membentuk kelompok kecil dalam mengerjakan tugas dan tercipta kerja sama yang baik (3) indikator keberhasilan manajemen kelas di SD Nasional Plus My Little Island Malang peserta didik selalu tepat waktu saat mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang diberikan oleh guru dan peserta didik selalu aktif dalam kegiatan di dalam maupun di luar kelas. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan temuan penelitian dapat disarankan bagi (1) Kepala SD Nasional Plus My Little Island Malang untuk selalu melakukan observasi setiap kelas-kelas dan mengevaluasi pelaksanaan manajemen kelas (2) Guru SD Nasional Plus My Little Island Malang untuk meningkatkan pengelolaan kelas yang baik (3) Peserta didik SD Nasional Plus My Little Island Malang untuk meningkatkan motivasi untuk lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar (4) Peneliti lain hasil penelitian ini diharapkan sebagai sumber referensi dan inspirasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan terutama dalam hal penelitian sejenis yaitu manajemen kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3649

Actions (login required)

View Item View Item