Sakina, Balik Sholikhatus (2024) Pengaruh LKPD berbasis guided inquiry terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar pada perubahan wujud zat siswa Kelas iv Sekolah Dasar / Balik Sholikhatus Sakina</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Masalah pembelajaran saat ini di Sekolah Dasar (SD) meliputi rendahnya hasil belajar siswa dan tingkat literasi terutama literasi sains. Literasi sains sebagai kompetensi abad ke-21 sangat penting untuk membekali siswa dalam menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari. Namun hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran konvensional yang banyak digunakan kurang efektif dalam mendorong literasi dan hasil belajar. Keterbatasan metode pengajaran yang tidak bervariasi dan lembar kerja siswa (LKS) yang tidak menarik menjadi penyebab utama rendahnya keterlibatan siswa. Penelitian oleh Ichsan dkk. (2018) juga mengidentifikasi bahwa banyak sekolah dasar di Indonesia masih menggunakan pendekatan ceramah yang kurang interaktif sehingga menghambat kemampuan siswa untuk berpikir kritis dan memahami konsep ilmiah. Abad ke-21 menekankan literasi sains sebagai kompetensi penting untuk mengatasi tantangan sehari-hari. Model pembelajaran inkuiri terbimbing menekankan siswa untuk aktif meningkatkan minat motivasi dan kemandirian belajar melatih keberanian berkomunikasi dan mencoba memperoleh pengetahuan sendiri melalui proses penemuan dan pemecahan masalah Hadi amp Novaliyosi (2019) dan Juwairiah (2021). Lembar Kerja Inkuiri Terbimbing merupakan salah satu inovasi yang efektif untuk meningkatkan literasi sains dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Pengajaran inkuiri terbimbing dapat merangsang keberagaman siswa dalam mendefinisikan masalah dan mengumpulkan informasi selama proses kreatif Wang dkk. (2023). Model pembelajaran GI secara sengaja meningkatkan keterlibatan dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains (Ebokaiwe dkk. 2024). Pendekatan ini sejalan dengan teori konstruktivis yang menempatkan siswa sebagai subjek aktif dalam pembelajaran (Supardan 2016). Dibandingkan dengan LKS tradisional Lembar Kerja GI memberikan panduan eksplorasi langkah demi langkah yang membantu siswa memahami konsep melalui investigasi langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing (LKPD) dalam meningkatkan literasi sains dan hasil belajar sains siswa kelas 4 pada topik perubahan wujud zat. Pendekatan penelitian kuantitatif diterapkan dengan menggunakan desain kuasi eksperimen dengan kelompok kontrol non-ekuivalen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis angket literasi sains siswa observasi wawancara dan analisis data. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN di dua sekolah dalam satu klaster yaitu UPT SD Negeri Jeblog dan UPT SD Negeri Kaweron 2 yang berjumlah 43 siswa. Analisis statistik yang digunakan adalah Anova Dua Arah untuk mengevaluasi perbedaan antar kelompok. Hasil Anova dua arah menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan literasi sains dan hasil belajar sains antara kelompok eksperimen (inkuiri terbimbing) dan kelompok kontrol (metode konvensional). Kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan literasi sains yang lebih besar (rata-rata N-Gain 33 28%) dibandingkan kelompok kontrol (rata-rata N-Gain 23 45%). Capaian belajar juga meningkat lebih signifikan pada kelompok eksperimen (rata-rata N-Gain 20 69%) dibandingkan kelompok kontrol (rata-rata N-Gain 11 23%) dengan sig. 0 042 lt 0 05. Pengujian hipotesis menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam literasi sains dan hasil belajar berdasarkan kemampuan awal dan metode pembelajaran (sig. 0 000 lt 0 05). Penggunaan LKPD berbasis inkuiri terbimbing secara signifikan meningkatkan literasi sains dan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan metode ini siswa dapat lebih aktif dalam proses belajar dan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai konsep-konsep yang diajarkan. Penelitian ini menunjukan bahwa LKPD berbasis GI merupakan alat atau perangkat pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan literasi sains dan hasil belajar siswa dan direkomendasikan untuk mendorong berpikir kritis dan partisipasi aktif dalam pendidikan sains dasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/364840 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |