Pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kinerja perusahaan dan reaksi investor / Era Isrotul Ajizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kinerja perusahaan dan reaksi investor / Era Isrotul Ajizah

Ajizah, Era Isrotul (2012) Pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kinerja perusahaan dan reaksi investor / Era Isrotul Ajizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Tanggung Jawab Sosial Kinerja Keuangan Reaksi Investor Return on Equity Trading Volume Activity. Tanggung jawab sosial merupakan suatu bentuk pertanggungjawaban yang dilakukan perusahaan atas dampak yang ditimbulkan dari aktivitas operasional yang berpengaruh terhadap masyarakat internal maupun eksternal perusahaan. Investor sebagai salah satu stakeholder kunci sangat mempertimbangkan kinerja sosial dan lingkungan perusahaan dalam melakukan keputusan investasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kinerja perusahaan dan reaksi investor dengan variabel pengukur Return on Equity dan Trading Volume Activity. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi kanonikal dengan variable independen adalah tanggung jawab sosial sedangkan variabel dependen adalah kinerja perusahaan dan reaksi investor. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang listing di BEI tahun 2007-2009. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan dengan variabel pengukur return on equity dan tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh signifikan terhadap reaksi investor dengan variabel pengukur trading volume activity dan pengungkapan sosial berpengaruh signifikan terhadap reaksi investor dengan variabel pengukur unexpected trading volume. Artinya para investor perusahaan manufaktur Indonesia sudah mulai menggunakan informasi tanggung jawab sosial dalam meningkatkan keuntungan ekonomi perusahaan dan melakukan keputusan investasi. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah jumlah sampel untuk jenis perusahaan lain dan dapat menambah variabel pengukur lainnya dalam mengukur kinerja perusahaan dan reaksi investor sehingga penelitian selanjutnya bisa lebih akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36480

Actions (login required)

View Item View Item