Pertiwi, Kumala Dewi (2024) Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis kearifan lokal kawasan Gunung Baung pada pelajaran IPAS Kelas iv SDN Lebakrejo IV Purwodadi / Kumala Dewi Pertiwi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Bahan ajar elektronik adalah sarana yang penting untuk mencapai tujuan pembelajaran khususnya dalam mata pelajaran IPAS. Agar pengajaran IPAS berhasil metode penyampaian yang efektif harus dipahami oleh guru. Berdasarkan data evaluasi harian siswa kelas IV di SDN Lebakrejo IV Purwodadi banyak siswa yang belum mencapai nilai KKM karena kurangnya sumber belajar yang sesuai dengan materi pelajaran. Oleh karena itu pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum merdeka saat ini sangat penting terutama bahan ajar berbasis kearifan lokal yang relevan dengan cerita rakyat daerah tempat tinggal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prosedur pengembangan berbasis kearifan lokal dan pengembangan bahan ajar elektronik berbasis kearifan lokal kawasan Gunung Baung pada pelajaran IPAS kelas IV SDN Lebakrejo IV Purwodadi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R amp D) yang mengadopsi model ADDIE (Analysis Design Develop Implementation and Evaluation). Penelitian dilakukan di SDN Lebakrejo IV Purwodadi dengan subjek penelitian meliputi ahli materi ahli media guru dan siswa kelas IV. Data penelitian terdiri dari data kualitatif yang diperoleh dari saran dan komentar serta data kuantitatif dari angket dan hasil pretest dan posttest siswa. Teknik pengumpulan data mencakup observasi dokumentasi angket dan tes. Analisis data dilakukan melalui uji validitas oleh ahli materi dan ahli media uji kepraktisan oleh guru dan siswa serta uji efektivitas menggunakan N-gain. Hasil penelitian ini menghasilkan prosedur pengembangan bahan ajar elektronik berbasis kearifan lokal yang meliputi analisis kebutuhan penentuan topik pengumpulan sumber yang relevan penyusunan jadwal pembuatan storyboard pengembangan bahan ajar uji validasi uji coba dan evaluasi. Bahan ajar elektronik yang dikembangkan dinilai sangat valid oleh ahli materi dan ahli media cukup praktis menurut guru sangat praktis menurut siswa dan cukup efektif untuk digunakan dalam pembelajaran dengan perolehan N-gain sebesar 0 69.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Mar 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/364721 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |