Jemeo, Maria Kurniati (2024) Analisis pengaruh pembelajaran IPA menggunakan guided inquiry untuk meningkatkan literasi sains dan hasil belajar kognitif peserta didik di Sekolah Dasar / Maria Kurniati Jemeo</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan di Indonesia telah memasuki era baru yang ditunjukkan dengan adanya pembaharuan sebagai bentuk usaha pengembangan dalam mencapai perbaikan ke arah kualitas yang lebih baik. Kualitas pembelajaran yang baik tentu akan lebih maksimal dan berpotensi untuk melatih serta meningkatkan kompetensi yang diharapkan pada siswa. Salah satu kompetensi yang penting bagi siswa terutama dalam mempersiapkan dirinya menghadapi persaingan dan tantangan dalam kehidupan nyata adalah keterampilan literasi sains. Menerapkan model guided inquiry adalah salah satu alternatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta melatih siswa mengembangkan keterampilan literasi sains khususnya di sekolah dasar. Tujuan dalam penelitian ini yakni yang pertama apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam peningkatan literasi sains anatara kelompok yang mengikuti pembelajaran IPA dengan menerapkan guided inquiry dengan kelompok yang menerapkan model direct instruction. Kedua apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam peningkatan hasil belajar kognitif siswa antara kelompok yang mengikuti pembelajaran IPA dengan menerapkan guided inquiry dengan kelompok yang menerapkan model direct instruction. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Berdasarkan observasi dan wawancara permasalahan rendahnya keterampilan literasi sains siswa kurikulum yang digunakan sarana-prasarana atau fasilitas penunjang pembelajaran maka dipilih satu sekolah dasar negeri di Kota Malang. Total jumlah keseluruhan siswa yang dilibatkan dalam proses penelitian yakni 53 orang dari dua rombongan belajar. Pelaksanaan proses penelitian yakni melalui tahapan (1) tes kemampuan awal siswa (pretest) (2) pelaksanaan pembelajaran (3) observasi peningkatan literasi sains dan (4) tes kemampuan akhir (posttest). Hasil literasi sains akan dibandingkan diuji dan dianalisis sehingga diperoleh kesimpulan. Proses pengujian data menggunakan teknik analisis dengan uji Friedman dan Wilcoxon signed-rank test sedangkan untuk hasil pretest dan posttest akan dibandingkan diuji kesetaraan antar kelompok dan dianalisis sehingga diperoleh kesimpulan. Proses pengujian data menggunakan teknik analisis dengan uji Independent Sample T-Test dan uji N-Gain. Hasil pengujian hipotesis dengan uji Friedman nilai signifikansi sebesar 0.022 yang lebih kecil dari batas signifikansi alpha 0.05 maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam skor literasi sains siswa selama tiga pertemuan. Pada hasil pengujian hipotesis dengan uji Independent Sample T-Test menunjukkan besar nilai signifikansi dengan F hitung 2 322 adalah 0 002. Nilai signifikansi ini lebih kecil dari 0 05 (0 002 lt 0 05) maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil kemampuan akhir (keterampilan literasi sains) siswa antara kelas eksperimen dengan model guided inquiry dengan kelas kontrol yang menggunakan model direct instruction. Peneliti melakukan uji N-Gain untuk mengetahui model manakah yang memiliki pengaruh atau keefektifan lebih besar. Hasil dari uji N-Gain menunjukkan bahwa model pembelajaran dapat dikategorikan memiliki keefektifan pada taraf sedang atau dengan kata lain cukup baik karena rata-rata skor atau persentase yang dihasilkan terletak di antara 31-70 % (33 0981% dan 31.0548 %). Namun apabila kedua model ini dibandingkan berdasarkan rata-rata skor atau persentase keefektifan maka persentase keefektifan dari model guided inquiry lebih besar dari persentase keefektifan dari model direct instruction (33 0981% gt 31.0548 %) maka disimpulkan bahwa model guided inquiry lebih maksimal dan efektif dibandingkan model direct instruction. Berdasarkan proses penelitian dan pengujian data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam peningkatan literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa yang mengikuti pembelajaran IPA dengan menerapkan guided inquiry dengan kelompok kontrol yang menerapkan model direct instruction.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Feb 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/364720 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |