Pengelolaan CCTV sebagai instrumen pengawasan kinerja guru (studi multi situs di SMAN 8 Malang dan SMKN 3 Malang) / Siti Nuraida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan CCTV sebagai instrumen pengawasan kinerja guru (studi multi situs di SMAN 8 Malang dan SMKN 3 Malang) / Siti Nuraida

Nuraida, Siti (2015) Pengelolaan CCTV sebagai instrumen pengawasan kinerja guru (studi multi situs di SMAN 8 Malang dan SMKN 3 Malang) / Siti Nuraida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nuraida Siti. 2015. Pengelolaan CCTV Sebagai Instrumen Pengawasan Kinerja Guru (Studi Multi Situs di SMAN 8 Malang dan SMKN 3 Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd (II) Ahmad Nurabadi S.Pd M.Pd. Kata kunci CCTV pengawasan kinerja guru. Sumber daya manusia yang berkualitas merupakan aset bangsa dalam melaksanakan pembangunan nasional di berbagai sektor dan dalam menghadapi tantangan kehidupan masyarakat dalam era globalisasi. Sumber daya manusia yang berkualitas dapat diperoleh dari lembaga-lembaga penyelengara pendidikan yang berkualitas. Kinerja guru di sekolah sangat penting untuk diperhatikan sebab dengan adanya pembinaan kinerja guru maka dapat menentukan kualitas dari pembelajaran dan memberi kontribusi terhadap kualitas SDM yang profesional. Berkaitan dengan hal tersebut agar fungsi dan tujuan pendidikan nasional dapat tercapai maka fasilitas teknologi serta sumber daya manusia (SDM) yang ada di sekolah harus dapat memberikan kontribusi yang baik sehingga teknologi dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan. Fokus penelitian ini adalah (1) alasan penggunaan CCTV sebagai instrumen pengawasan kinerja guru (2) pengelolaan CCTV sebagai instrumen pengawasan kinerja guru (3) fungsi CCTV sebagai instrumen pengawasan kinerja guru (4) faktor pendukung dan penghambat penggunaan CCTV sebagai instrumen pengawasan kinerja guru. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian studi multi situs karena terdapat dua kasus pada dua objek penelitian yaitu SMAN 8 Malang dan SMKN 3 Malang. Penelitian ini dilakukan secara langsung di lapangan dan peneliti bertindak sebagai instrumen kunci yang merencanakan melaksanakan mengumpulkan data menganalisis data dan melaporkan hasil penelitian. Pengumpulan data yang relevan guna menjawab fokus penelitian dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti wawancara observasi dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis selama pengumpulan data dan setelah pengumpulan data. Data yang telah dianalisis kemudian dicek keabsahannya dengan menguji empat kriteria yaitu derajat kepercayaan/kredibilitas keteralihan ketergantungan dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan kedua lokasi penelitian menggunakan CCTV sebagai instrumen pengawasan kinerja guru yaitu (a) kedua sekolah memerlukan alat bantu untuk memonitor karena luasnya objek yang perlu dimonitor (b) sekolah memerlukan alat bantu untuk pemantauan kinerja guru (c) efektifitas dan efisiensi proses pemantauan kondisi sekolah secara keseluruhan. Proses pengelolaan CCTV sebagai instrumen pengawasan kinerja guru di SMAN 8 Malang dan SMKN 3 Malang meliputi proses dari perencanaan pengadaan pengoperasian pemeliharaan atau perawatan dan evaluasi dari penggunaan CCTV. Fungsi CCTV sebagai instrumen pengawasan kinerja guru di SMAN 8 Malang dan SMKN 3 Malang meliputi (a) memberi manfaat dan peranan dalam peningkatan kinerja guru (b) evaluasi kinerja guru (c) keefektifan pemantauan terhadap seluruh aktivitas di sekolah (d) pengawasan keamanan sekolah (e) peningkatan kedisiplinan peserta didik (f) mempermudah manajemen piket guru. Faktor pendukung penggunaan CCTV sebagai instrumen pengawasan kinerja guru di SMAN 8 Malang dan SMKN 3 Malang yaitu adanya tanggapan dan dukungan yang baik dari warga sekolah dan adanya dukungan dana dari komite sekolah. Faktor penghambatnya yaitu di kedua sekolah cenderung menemui hambatan teknis seperti kerusakan CCTV terjadi pemadaman listrik dan akses data atau tingkat pencahayaan yang kurang maksimal. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi (1) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang untuk meningkatkan motivasi kinerja pegawai disarankan untuk menggunakan CCTV sebagai instrumen pengawasan kinerja di kantor dinas (2) Kepala SMAN 8 Malang dan SMKN 3 Malang sebaiknya lebih fokus dalam melakukan penilaian dan pembinaan kinerja guru serta lebih mengoptimalkan fungsi CCTV di sekolah jika perlu dapat menambah lagi jumlah CCTV yang ada (3) Waka Sarpras SMAN 8 Malang dan SMKN 3 Malang diharapkan memiliki buku inventarisasi khusus dan ada evaluasi khusus untuk penggunaan CCTV (4) Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMAN 8 Malang dan SMKN 3 Malang dengan adanya CCTV diharapkan dapat mempertahankan kinerja yang sudah baik dan meningkatkan kinerja yang masih kurang baik (5) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan disarankan agar di Jurusan Administrasi Pendidikan lebih mengoptimalkan CCTV yang ada dan sebaiknya dapat menggunakan CCTV di ruang perkuliahan agar kegiatan perkuliahan dapat terpantau dengan baik (6) Peneliti lain disarankan untuk menyempurnakan teori hasil penelitian yang telah ditemukan sehingga diharapkan dapat menambah dan mengembangkan kajian ilmiah yang telah ada dalam penelitian ini serta dapat dijadikan masukan baru bagi kelanjutan penelitian di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3647

Actions (login required)

View Item View Item