Hardhita, Rizki Septa (2024) Peran kompetensi pedagogik dan profesional guru dalam meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik di Sekolah Laboratorium UM Kota Blitar (Studi kasus di SD Laboratorium UM Kota Blitar) / Rizki Septa Hardhita</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kurikulum Merdeka telah membawa transformasi signifikan dalam asesmen pendidikan di Indonesia menggantikan Ujian Nasional dengan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang lebih komprehensif. ANBK tidak hanya mengukur kemampuan kognitif tetapi juga non-kognitif seperti karakter. Kemampuan numerasi sebagai salah satu komponen penting dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) menjadi fokus utama karena rendahnya capaian nasional. Penelitian ini secara khusus mengkaji upaya peningkatan kemampuan numerasi peserta didik di SD Laboratorium UM Kota Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebijakan sekolah kompetensi pedagogik dan profesional guru serta metode pengajaran yang diterapkan untuk meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik. Selain itu penelitian ini juga akan mengungkap hambatan yang dihadapi guru dalam menumbuhkan kemampuan numerasi dan menganalisis dampak dari upaya yang telah dilakukan terhadap capaian numerasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus intrinsik pada SD Laboratorium UM Kota Blitar. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah tiga guru dan tiga siswa yang dipilih secara purposive. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif wawancara mendalam dengan kepala sekolah tiga guru dan tiga siswa serta analisis dokumen seperti modul ajar dan rapor pendidikan. Teknik triangulasi digunakan untuk memastikan keabsahan data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi pedoman wawancara dan instrumen analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data studi kasus menurut Stake. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional guru telah berkontribusi signifikan dalam meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik di SD Laboratorium UM Kota Blitar. Hal ini tercapai melalui berbagai upaya seperti pengembangan profesional guru yang berkelanjutan penerapan kurikulum yang relevan serta penciptaan lingkungan belajar yang kondusif. Meskipun demikian terdapat tantangan yang perlu diatasi seperti keterbatasan waktu untuk pelatihan intensif dan variabilitas dalam pemahaman konsep numerasi di kalangan siswa. Penelitian ini menyarankan perlunya upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas numerasi peserta didik di sekolah dasar termasuk penguatan pelatihan guru dan penyediaan sumber daya yang memadai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/364692 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |