Ulfa, Luluk Nur Hamidah (2024) Pengaruh inkuiri dengan scaffolding terhadap kemampuan literasi sains siswa SD di Blitar / Luluk Nur Hamidah Ulfa</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASANUlfa Luluk Nur Hamidah. 2024 Pengaruh Inkuiri dengan Scaffolding Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SD di Blitar. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah pascasarjana Universitas Negeri malang Pembimbing (1) Dr. H. Supriyono Koeshandayanto M.Pd M.A (2) Dr. Aynin Mashfufah S.Pd M.PdKata Kunci Inkuiri Scaffolding Literasi Sains IPALiterasi sains sangat penting dibangun sejak dini untuk membiasakan siswa berpikir ilmiah. Literasi sains penting dimiliki oleh siswa karena pemahaman sains menawarkan pemenuhan kebutuhan secara personal dan membangkitkan rasa senang siswa. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Scaffolding dalam inkuiri terhadap kemampuan literasi sains dalam pembelajaran IPA siswa disekolah dasar. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental jenis Nonequivalent Control Group Design. Pretest berupa tes kemampuan awal materi rangkaian listrik sederhana diberikan sebelum intervensi kemudian posttest kemampuan liter asi sains materi rangkaian listrik sederhana. Sampel penelitian yaitu 151 siswa di 6 sekolah berbeda. Instrumen intervensi yang digunakan penelitian ini berupa LKPD berbasis inkuiri dengan Scaffolding. Pretest kemampuan awal diberikan sebanyak 20 butir soal pilihan ganda dengan Croanbach Alpha 0 501. Teknik analisis data digunakan pada penelitian ini untuk mengetahui perbandingan sajian data secara umum dengan analisis independent sampel t -test digunakan untuk mebguji hipotesis pengaruh model inkuiri dengan Scaffolding terhadap kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini juga menghitung besar effect size sebesar 0 7 yang masuk kategori memberi pengaruh besar terhadap literasi sains siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara statistik kemampuan literasi sains kelompok siswa yang diberikan model inkuiri dengan Scaffolding lebih tinggi dibanding kelas siswa yang belajar dengan model inkuiri saja ditunjukan dengan signifikan sebesar 0 471 dan sig. (2 -tailed) 0 043 lt 0 05 yang artinya adanya pengaruh penggunaan inkuiri dengan Scaffolding berupa LKPD terhadap literasi sains siswa di kelas eksperimen. Berdasarkan temuan penelitian yang telah disampaikan berikut beberapa rekomendasi penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan scaffolding terhadap literasi sains dan hasil belajar mendorong Penerapan Scaffolding yang lebih luas dalam pembelajaran berbasis Inkuir mengingat dampak positif yang signifikan terhadap literasi sains disarankan agar guru memasukkan teknik scaffolding dalam pembelajaran berbasis inkuiri di berbagai mata pelajaran. Hal ini dapat membantu siswa menavigasi konsep kompleks dengan lebih baik dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mereka.Pelatihan guru tentang t eknik scaffolding memasukkan alat pembelajaran interaktif melakukan penelitian lebih lanjut mengenai dampak jangka panjang dan berkolaborasi dengan sekolah untuk menstandardisasi metode.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/364688 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |