Faktor-faktor pendukung dan penghambat belajar siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Sumber Kabupaten Probolinggo / Pipit Asmawati</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor pendukung dan penghambat belajar siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Sumber Kabupaten Probolinggo / Pipit Asmawati</p>

Asmawati, Pipit (2024) Faktor-faktor pendukung dan penghambat belajar siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Sumber Kabupaten Probolinggo / Pipit Asmawati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Asmawati Pipit. 2025. Faktor-Faktor Pendukung dan Penghambat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Sumber Kabupaten Probolinggo. Tesis Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H.Punaji setyosari M.Pd M.Ed. (II) Dr. Ade Eka Anggraini M.Pd. Kata Kunci Faktor pendukung faktor penghambat belajar siswa sekolah dasar Masalah yang saya temui di lapangan mencakup beberapa aspek yaitu motivasi belajar siswa persepsi siswa terhadap sekolah perhatian orang tua terhadap pendidikan siswa kondisi lingkungan belajar di sekolah serta fasilitas yang tersedia di Sekolah Dasar. Secara geografis kecamatan Sumber termasuk daerah yang berada di wilayah pegunungan tepatnya di kabupaten Probolinggo. Faktor- faktor utama yang ditemukan dalam penelitian ini meliputi terbatasnya sarana dan prasarana keterbatasan pendidik serta dukungan lingkungan belajar yang kurang optimal. Selain itu motivasi belajar siswa di kecamatan Sumber masih sangat minim sekali. Terdapat banyak anak yang seharusnya masih bersekolah di tingkatdasar atau menengah yang tidak melanjutkan pendidikan. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman orang tua tentang pentingnya pendidikan sehingga menyebabkan faktor utama banyaknya siswa putus sekolah. Selain itu kesadaran orang tua akan Pendidikan sangat kurang. Bagi para orang tua menganggap bahwa Pendidikan tinggi itu tidak penting. Sehingga masyarakat yang ada di Kecamatan Sumber banyak yang bekerja di bidang pertanian. Adapun metode penilaian yang saya gunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Desain penelitian yang digunakan adalah desain deskriptif dengan menggambarkan karakteristik secara natural observation (observasi) dan focused interviews (wawancara terpusat). Subyek dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah guru wali murid dan siswa di Kecamatan Sumber. Intrumen penelitian dengan lembar wawancara lembar observasi dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya setiap sekolah pasti ada faktor pendukung dan penghambat dalam mencapai tujuan pembelajaran. Adapun faktor pendukung dan penghambat tersebut berasal dari internal seperti peran orang tua dan motovasi orang tua. Sedangkan dari eksternal seperti sarana prasarana pembelajaran lingkungan sekolah dan jarak tempuh sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Feb 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/364687

Actions (login required)

View Item View Item