Manajemen pembelajaran jarak jauh (distance learning) pada homeschooling "Sekolah Dolan" di Kota Malang / Faiqotul Izzatin Ni'mah - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pembelajaran jarak jauh (distance learning) pada homeschooling "Sekolah Dolan" di Kota Malang / Faiqotul Izzatin Ni'mah

Ni'mah, Faiqotul Izzatin (2015) Manajemen pembelajaran jarak jauh (distance learning) pada homeschooling "Sekolah Dolan" di Kota Malang / Faiqotul Izzatin Ni'mah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ni mah Faiqotul Izzatin. 2015. Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) pada Homeschooling Sekolah Dolan di Kota Malang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd (2) Sunarni S.Pd M.Pd Kata kunci manajemen distance learning homeschooling Sekolah Dolan Seiring perkembangan TIK saat ini pendidikan berangsur-angsur mengalami perubahan pola pembelajaran dalam mencapai tujuan dan mutu pendidikan. Salah satu upayanya adalah dengan memberikan layanan pembelajaran dengan jarak jauh (Distance Learning). Beberapa lembaga pendidikan mulai memiliki program Distance Learning tidak terkecuali pada homeschooling sebagai salah satu pendidikan nonformal. Salah satu homeschooling yang mempunyai program Distance Learning di Malang adalah Sekolah Dolan yang merupakan satu-satunya homeschooling yang berada di bawah naungan Asah Pena. Penyelenggaraan pembelajaran harus disertai dengan manajemen atau pengelolaan yang baik dan benar agar tujuan pendidikan dapat dicapai oleh lembaga pendidikan. Khususnya adalah manajemen Distance Learning di Sekolah Dolan yang mempunyai tujuan untuk melayani pendidikan anak dengan tidak terbatas ruang dan waktu mereka belajar. Penelitian ini memiliki fokus yaitu (1) perencanaan Distance Learning (2) pelaksanaan Distance Learning (3) pengawasan Distance Learning (4) evaluasi Distance Learning dan (5) masalah dan solusi masalah dalam Distance Learning di homeschooling Sekolah Dolan Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dengan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti sebagai instrumen kunci memiliki peranan yang sangat penting karena peneliti yang merasakan melihat dan mengumpulkan data dari penelitian. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik pengumpulan data wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Keabsahan data dilakukan dengan mengecek empat kriteria yaitu (1) kredibilitas terdiri dari proses (a) triangulasi (b) pengecekan anggota (c) meningkatkan ketekunan dan (d) kecukupan bahan referensi (2) transferabilitas dilakukan dengan cara membuat laporan hasil penelitian dengan uraian yang rinci jelas dan sistematis (3) ketergantungan dilakukan dengan cara melakukan auditing terhadap proses penelitian oleh dosen pembimbing dan (4) konfirmabilitas dilakukan dengan benar-benar melakukan penelitian dari awal sampai akhir. Hasil penelitian ini yaitu (1) perencanaan Distance Learning Sekolah Dolan terdiri dari memberikan program belajar online dari Zenius LKS dan sumber belajar lain yang disediakan oleh orangtua. Selanjutnya adalah menyediakan perangkat elektronik dan jaringan berupa PC laptop Smartphone Wifi dan paket data lain. Kemudian penetapan kurikulum sesuai dengan diknas dan sekolah membuat program akademik selama satu tahun sebagai patokan dalam menyusun jadwal pelajaran. Jadwal pelajaran dibuat secara mandiri oleh siswa bersama orangtua dan disepakati dengan sekolah. Kegiatan perencanaan ini sekolah sangat memperhatikan komitmen dari orangtua sebelum memutuskan mengikuti Distance Learning. Sehingga sekolah melaksanakan proses kesepakatan terlebih dahulu dengan cara diskusi konsultasi maupun sharing program dengan orangtua. Setelah itu orangtua melakukan pendaftaran secara online maupun datang ke sekolah (2) pelaksanaan Distance Learning dilakukan oleh siswa secara mandiri maupun ada guru tambahan pada mata pelajaran tertentu dan sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat. Tahap pelaksanaan dengan mengakses Zenius mempelajari materi dan video mengerjakan soal dan langsung ada pembahasan. Mengerjakan LKS tugas beserta ujian-ujian yang dijadwalkan sekolah. Komunikasi yang terjalin antara siswa orangtua dan sekolah melalui beberapa media sosial (3) pengawasan Distance Learning dilakukan guna memantau dan mengawal terlaksananya kegiatan pembelajaran. Pengawasan dari sekolah melalui jurnal harian yang wajib diisi setiap hari dan dilaporkan. Sedangkan pengawasan oleh orangtua dilakukan sehari-hari dengan memantau setiap kegiatan belajar anak karena pembelajaran dilakukan secara mandiri oleh anak di rumah (4) evaluasi Distance Learning terdiri dari evaluasi program dan evaluasi hasil belajar. Evaluasi program dilakukan oleh tim khusus dalam memantau inovasi-inovasi dari program belajar online Zenius dan media komunikasi. Evaluasi hasil belajar dilakukan dalam bentuk memberikan tugas harian UH UTS UAS dan UNPK. Hasil belajar siswa direkap dalam bentuk nilai-nilai yang terdapat pada rapor dan (5) masalah dalam program Distance Learning terdiri dari (a) listrik padam (b) jaringan internet buruk (c) orangtua dan siswa yang tidak berkomitmen (d) anak lambat belajar dan (e) anak tidak konsisten terhadap jadwal pelajarannya. Selanjutnya solusi terhadap masalah yang dilakukan oleh sekolah antara lain (a) konfirmasi kepada sekolah dan dapat mengganti waktu pelajaran (b) mengganti jaringan internet yang sesuai dengan wilayah (c) ada guru/tutor pendamping yang membantu belajar siswa (d) koordinasi terus-menerus dengan orangtua dan siswa dan (e) memberikan penegasan dan konsekuensi kepada siswa. Berdasarkan kesimpulan penelitian ini memberikan saran kepada beberapa pihak diantaranya (1) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang diharapkan lebih banyak lagi memberikan kerjasama dengan Sekolah Dolan dalam mengembangkan program Distance Learning (2) Kepala Sekolah Dolan agar selalu memberikan program pembelajaran yang lebih inovatif dan variatif lagi untuk mendukung pembelajaran siswa (3) orangtua siswa agar selalu memantau dan mendukung kegiatan pembelajaran siswa (4) Ketua Jurusan dan Dosen Adminitrasi Pendidikan agar memberikan pengetahuan yang lebih mengenai manajemen pembelajaran yang ada di pendidikan formal nonformal serta informal baik secara teori maupun praktik dan (5) peneliti lain agar dapat dijadikan sebagai bahan referensi baru dan dapat melanjutkan penelitian ini dengan meneliti perkembangan lulusan Distance Learning Sekolah Dolan .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3646

Actions (login required)

View Item View Item