Pengaruh corporate social responsibility disclosure terhadap kinerja pasar perusahaan (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2007-2009) / Nadiyah Akbariyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh corporate social responsibility disclosure terhadap kinerja pasar perusahaan (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2007-2009) / Nadiyah Akbariyah

Akbariyah, Nadiyah (2011) Pengaruh corporate social responsibility disclosure terhadap kinerja pasar perusahaan (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2007-2009) / Nadiyah Akbariyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Corporate Social Responsibility Disclosure Kinerja Pasar Perusahaan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan klaim agar perusahaan tak hanya beroperasi untuk kepentingan para pemegang saham (shareholders) tapi juga untuk kemaslahatan pihak stakeholders dalam praktik bisnis yaitu para pekerja komunitas lokal pemerintah LSM konsumen dan lingkungan. Pengambilan keputusan ekonomi hanya dengan melihat kinerja keuangan suatu perusahaan saat ini sudah tidak relevan lagi. Investor kini juga memperhatikan kinerja lingkungan perusahaan yang berdampak pada kinerja pasar perusahaan. Kinerja pasar diproksikan dengan menggunakan Akumulasi Return Tidak Normal (ARTN) atau Cumulative Abnormal Return (CAR).CAR merupakan penjumlahan return tidak normal hari sebelumnya di dalam periode peristiwa untuk masingmasing sekuritas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CSR disclosure terhadap kinerja pasar perusahaan. Berdasarkan metode purposive sampling telah diperoleh 47 sampel dari 421 populasi perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2007-2009. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji regresi sederhana. Pada pengujian hipotesis diperoleh hasil bahwa CSR disclosure berpengaruh terhadap CAR. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa CSR disclosure berpengaruh positif terhadap kinerja pasar perusahaan. Penjelasan tersebut memiliki makna bahwa semakin tinggi CSR disclosure maka semakin tinggi juga CAR perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk memperbanyak jumlah sampel untuk dapat menggambarkan kondisi pasar yang sesungguhnya dan memperpanjang rentang waktu data penelitian yang digunakan agar dapat memprediksikan hasil penelitian dalam jangka panjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36452

Actions (login required)

View Item View Item