Pengaruh profesionalisme dan pengalaman auditor terhadap pertimbangan tingkat materialitas dalam pemeriksaan laporan keuangan / Silvi Afindayanti

Afindayanti, Silvi (2011) Pengaruh profesionalisme dan pengalaman auditor terhadap pertimbangan tingkat materialitas dalam pemeriksaan laporan keuangan / Silvi Afindayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Pertimbangan Materialitas, Profesionalisme Auditor, Pengalaman Auditor, Regresi Berganda. Pertimbangan materialitas merupakan pertimbangan yang profesional yang dipengaruhi persepsi auditor atas kebutuhan orang yang memiliki pengetahuan memadai dan meletakkan kepercayaan pada laporan keuangan (SPAP, 2001). Sesuai dengan standar diatas, maka seorang auditor dituntut untuk memiliki sikap profesionalisme serta pengalman audit yang cukup dalam melakukan pertimbangan materialitas. Fridati (2005) menyatakan ketepatan pertimbangan tingkat materilitas yang dilakukan oleh auditor dipengaruhi oleh profesionalisme auditor yang diproksikan dengan 4 dimensi yaitu pengabdian pada profesi, kewajiban sosial, kemandirian, dan hubungan dengan rekan seprofesi. Koroy (2005) menyatakan bahwa ketepatan pertimbangan materilitas juga dapat dipengaruhi oleh pengalaman audit. Auditor yang kurang berpengalaman mempunyai kecenderungan yang lebih tinggi dalam menghapus persediaan dibanding auditor yang berpengalaman. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh pengabdian pada profesi, kewajiban sosial, kemandirian, hubungan dengan rekan seprofesi, dan pengalaman auditor terhadap pertimbangan materialitas dalam pemeriksaan laporan keuangan. Pemilihan sampel ditentukan dengan metode berdasarkan kemudahan, sehingga diperoleh sampel sebanyak 35 auditor yang menduduki jabatan sebagai partner, manajer, dan supervisor. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengabdian pada profesi, hubungan dengan rekan, dan pengalaman auditor memiliki nilai sig.< 0,05, sehingga berpengaruh terhadap pertimbangan tingkat materialitas dalam pemeriksaan laporan keuangan, tetapi variabel kewajiban sosial dan kemadirian memiliki nilai sig.>0,05 yang berarti bahwa kewajiban sosial dan kemandirian seorang auditor tidak berpengaruh terhadap pertimbangan tingkat materialitas dalam pemeriksaan laporan keuangan. Hal ini dikarenakan pengalaman auditor, kondisi dan ukuran perusahaan yang diaudit oleh auditor tersebut berbeda-beda, sehingga dalam menentukan tingkat materialitas tergantung dari pengalaman auditor, ukuran dan kondisi masing-masing perusahaan yang diaudit, selain itu, banyaknya tekanan yang dihadapi oleh auditor pada saat melakukannya audit serta adanya kepentingan keuangan yang cukup besar pada perusahaan yang diaudit juga dapat merusak kemandirian atau independensi seorang auditor dalam melakukan pertimbangan tingkat materialitas pada laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36443

Actions (login required)

View Item View Item