Lukitasari, Leny (2015) Manajemen kurikulum ulumuddin dalam membentuk karakter peserta didik di Sekolah Dasar Alam Ar-Rohmah Malang / Leny Lukitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Lukitasari Leny. 2015. Manajemen Kurikulum Ulumuddin dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SD Alam Ar-Rohmah Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. A. Yusuf Sobri S.Sos M.Pd (II) Desi Eri Kusumaningrum S.Pd. M.Pd. Kata Kunci manajemen kurikulum kurikulum ulumuddin Pendidikan merupakan salah satu wadah pembentukan sikap dan karakter anak. Pendidikan karakter dalam jalur pendidikan formal didapat dari sekolah. Salah satu sekolah yang memiliki tujuan pendidikannya membentuk karakter peserta didik melalui pendidikan agama yaitu SD Alam Ar-Rohmah Malang. SD Alam Ar-Rohmah Malang memiliki kurikulum khusus agama yang disebut Kurikulum Ulumuddin. Kurikulum Ulumuddin berisi lima mata pelajaran agama yaitu Pendidikan Al Islam Bahasa Arab Al-Quran Hadist dan Praktek Ibadah. Diharapkan dengan adanya Kurikulum Ulumuddin dapat membentuk karakter pada anak. Keberhasilan suatu kurikulum akan terwujud apabila dilaksanakan dengan manajemen yang baik. 12288 12288 12288 12288 Fokus penelitian yaitu manajemen kurikulum ulumuddin untuk membentuk karakter peserta didik di SD Alam Ar-Rohmah Malang. Fokus rinci penelitian terdiri dari (1) perencanaan kurikulum ulumuddin SD Alam Ar-Rohmah Malang (2) pelaksanaan kurikulum ulumuddin SD Alam Ar-Rohmah Malang (3) evaluasi kurikulum ulumuddin SD Alam Ar-Rohmah Malang (4) kendala dan pendukung kurikulum ulumuddin SD Alam Ar-Rohmah Malang (5) upaya mengatasi kendala kurikulum ulumuddin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini terletak di Jalan Raya Jambu Dau Kabupaten Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk menjelaskan fokus penelitian yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang terdiri dari perpanjangan waktu pengamatan peningkatan ketekunan dalam penelitian triangulasi dan member check. 12288 12288 12288 12288 Hasil temuan penelitian ini meliputi (1) perencanaan Kurikulum Ulumuddin SD Alam Ar-Rohmah Malang terdiri dari rapat tim struktural penyusunan konsep penyusunan program kerja menentukan mata pelajaran dan sumber belajar menentukan pendidik dan lama jam mengajar menyusun jadwal pelajaran menyusun silabus dan modul penyusunan prota dan promes menentukan bahan ajar dan penyusunan RPP menyusun format penilaian (2) pelaksanaan Kurikulum Ulumuddin terdiri dari implementasi mata pelajaran PAI PIB Bahasa Arab Al-Quran dan Hadist implementasi program kerja yang dinamakan ICB (Islamic Character Building) (3) evaluasi Kurikulum Ulumuddin terdiri dari evaluasi kegiatan pembelajaran modul materi penanaman karakter pada anak program kerja tahunan dan format penilaian evaluasi dilakukan oleh tim struktural dengan mengadakan rapat setiap minggu evaluasi guru dan evaluasi yang dilakukan oleh orang tua (4) kendala penerapan Kurikulum Ulumuddin terletak pada peserta didik yang malas belajar kurangnya kesiapan administrasi pada pendidik orang tua/keluarga yang kurang memberikan pengawasan dan kerjasama dengan sekolah dan lingkungan yang kurang mendukung perkembangan anak (5) upaya mengatasi kendala pada Kurikulum Ulumuddin yaitu diadakannya super class dan bina kelas khusus untuk peserta didik yang kurang mampu mengikuti pelajaran diadakan pelatihan dan supervisi kelas untuk meningkatkan kualitas mengajar guru diadakan forum kelas sebagai wahana komunikasi dan pengawasan orang tua terhadap perilaku anak di lingkungan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan temuan penelitian dapat disarankan bagi (1) Kepala Yayasan Ar-Rohmah Malang dapat menindaklanjuti hasil evaluasi yang telah dilaksanakan oleh pihak sekolah. Mengikutsertakan pihak sekolah dalam proses perencanaan Kurikulum Ulumuddin sehingga kebutuhan dari masing-masing sekolah terpenuhi (2) Kepala SD Alam Ar-Rohmah Malang diharapkan melakukan pengawasan atau supervisi kelas secara rutin atau terjadwal untuk dapat mengawasi dan meningkatkan kualitas mengajar guru mengadakan pelatihan penyusunan RPP dan silabus bagi guru-guru (3) Guru SD Alam Ar-Rohmah Malang diharapkan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang disesuaikan dengan silabus dan RPP. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar agar dapat dilaksanakan dengan lebih baik sehingga tujuan kurikulum juga dapat tercapai (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi referensi dalam ruang lingkup yang memiliki keterkaitan dengan manajemen kurikulum berbasis agama dan karakter peserta didik (5) peneliti lain diharapkan dapat melanjutkan dan menuntaskan keterbatasan peneliti yaitu belum dapat menggali informasi dari pihak yayasan langsung mengenai perencanaan dan evaluasi Kurikulum Ulumuddin.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3644 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |