Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility dan profitabilitas perusahaan terhadap reaksi investor (studi pada perusahaan indeks LQ-45 periode 2007-2009) / Ruby Fatmi Soewandito - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility dan profitabilitas perusahaan terhadap reaksi investor (studi pada perusahaan indeks LQ-45 periode 2007-2009) / Ruby Fatmi Soewandito

Soewandito, Ruby Fatmi (2011) Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility dan profitabilitas perusahaan terhadap reaksi investor (studi pada perusahaan indeks LQ-45 periode 2007-2009) / Ruby Fatmi Soewandito. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Reaksi Investor Pengungkapan Corporate Social Responsibility Profitabilitas Perusahaan Teori Legitimasi Teori Signaling. Dalam membuat suatu keputusan investasi investor membutuhkan informasi yang meliputi informasi kuantitatif seperti rasio profitabilitas serta informasi kualitatif seperti pengungkapan corporate social responsibility perusahaan. Teori legitimasi menyatakan bahwa pengungkapan corporate social responsibility dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan investor. Teori signaling menyatakan bahwa informasi rasio keuangan akan membantu investor dalam mengambil keputusan investasi. Berdasarkan dua teori tersebut dapat dinyatakan reaksi investor dipengaruhi oleh informasi pengungkapan corporate social responsibility dan informasi profitabilitas perusahaan. Reaksi investor dapat dinyatakan dalam volume perdagangan saham diluar normal atau unexpected trading volume. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh pengungkapan corporate social responsibility dan profitabilitas perusahaan yang diproksikan dengan Return On Equity (ROE) terhadap reaksi investor yang diproksikan dengan unexpected trading volume. Pemilihan sampel ditentukan dengan metode purposive sampling dan menggunakan pool time series sehingga diperoleh sebanyak 51 perusahaan indeks LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2009. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda (multiple regression). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility dan profitabilitas diproksikan dengan Return On Equity (ROE) tidak berpengaruh terhadap reaksi investor yang diproksikan dengan unexpected trading volume. Hal ini dikarenakan kecenderungan investor yang lebih menggunakan analisis teknikal dalam investasi. Investor di Indonesia lebih berminat pada investasi yang bersifat jangka pendek. Selain itu kondisi ekonomi yang labil akibat krisis selama periode penelitian menyebabkan penurunan minat investor akibat adanya ketidakpastian return yang diterima dari dana yang diinvestasikan. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan penelitian selanjutnya untuk lebih memperhatikan periode pngamatan selain itu penelitian selanjutnya dapat menambahkan proksi lain untuk mengukur profitabilitas perusahaan dan reaksi investor. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan standar pengungkapan corporate social responsibility yang lain sehingga subyektivitas dalam penilaian dapat diminimalisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36434

Actions (login required)

View Item View Item