Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar tentang kepercayaan diri di SLB Tamima Mumtaz / Fitria Maudy Wardhani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar tentang kepercayaan diri di SLB Tamima Mumtaz / Fitria Maudy Wardhani</p>

Wardhani, Fitria Maudy (2024) Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar tentang kepercayaan diri di SLB Tamima Mumtaz / Fitria Maudy Wardhani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus atau disebut ABK harus memperoleh haknya seperti anak normal lainnya. Namun yang perlu diperhatikan dalam mendidiknya dengan metode yang sesuai dengan kondisi dan karakteristik anak salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran yang sesuai karena permasalahan seperti keterbatasan ruang dan waktu dapat diselesaikan dengan bantuan media belajar. ABK seringkali dikucilkan dari lingkungannya. ABK juga mendapat perlakukan kurang mengenakkan seperti diskriminatif dari orang lain. Sehingga timbulah masalah rasa kurang percaya diri pada ABK tidak luput juga ABK di SLB Tamima Mumtaz berdasarkan hasil observasi pada media pembelajaran yang digunakan masih konvensional dan belum ada media pembelejaran yang mengajarkan tentang kepercayaan diri dengan adanya media pembelajara baru memungkinkan siswa ABK menjadi lebih percaya diri. Oleh karena itu timbul rumusan masalah seperti mendeskripsikan kebutuhan dan karakteristik media pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran bagi Anak ABK tentang kepercayaan diri serta menjelaskan proses pengembangan buku cerita bergambar dan hasil akhir dari pengembangan melalui proses validasi ahli dan uji lapangan pada media pembelajaran di SLB Tamima Mumtaz Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan dalam tesis ini adalah Research and Development (Penelitian dan Pengembangan). Kemudian data yang diperoleh secara kuantitatif dengan model ADDIE kemudian diolah secara deskriptif kualitatif untuk diidentifikasi. Tahapan pengembangangan disesuaikan dengan tahapan ADDIE yang meliputi analyze (analisis) yang merupakan tahapan identifikasi permasalahan di lapangan dengan menggunakan observasi dan wawancara design (perancangan) adalah tahapan merancang media yang merupakan hasil sintesis dari permasalahan yang diperoleh ke dalam produk uji coba (porotype) development (pengembangan) merupakan tahapan setelah produk yang dikembangkan untuk dinilai kelayakan melalui angket validasi yang diberikan kepada para ahli materi dan media untuk dinilai dan hal yang perulu direvisi sebelum diimplementasikan ke uji coba lapangan implementation (implementasi) adalah tahapan pengaplikasian media ke dalam keadaan nyata untuk diuji cobakan pada kelompok kecil dan besar ABK tunagrahita dan Evaluation (evaluasi) tahap terakhir merupakan mengidentifikasi keberhasilan pembelajaran mengkur pencapaian tujuan pembelajaran mengevaluasi efektivitas instruksi dan materi serta memberikan wawasan untuk perbaikan dan pengembangan di masa depan. Hasil yang diperoleh di pengembangan ini adalah buku penunjang pembelajaran berupa buku cerita yang dibacakan kepada siswa tunagrahita di SLB Tamima Mumtaz yang diperoleh di lapangangan menunjukkan bahwa belum ada media pembelajaran yang mengajarkan meningkatkan kepercayaan diri dan media yang dihasilkan adalah sebuah buku cerita bergambar berjudul ldquo Aku Berani Aku Bisa rdquo yang diciptakan semi interaktif agar siswa tunagrahita terlibat didalamnya. Selanjutnya proses pengembangan dilakukan secara struktusional dengan menggunakan model tahapan ADDIE yang meliputi analisa kebutuhan sekolah perancangan media pengembangan meliputi pengerjaan dari validasi para ahli implementasi pada objek uji coba lapangan dan evaluasi dalam pengembangan buku cerita bergambar yang digunakan sebagai penunjang kebutuhan dalam pembelajaran tentang kepecayaan diri. Buku cerita sebagai pendukung pembelajaran tentang kepercayaan diri ABK memenuhi kriteria sangat baik dan dapat digunakan dari penilaian oleh para ahli materi dan ahli media dan objek uji coba lapangan guru kelompok kecil dan besar dengan perolehan hasil untuk validasi materi presentase kelayakan mencapai 90% sementara untuk validasi ahli media memperoleh presentase kelayakan mencapai 85%. Untuk hasil implementasi pada uji lapangan guru memperoleh presentase kelayakan mencapai 83% sementara pada kelompok kecil skor presentase kelayakan mencapai 76% dan kelompok besar memperoleh skor presentase kelayakan 80%.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S2 Keguruan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/364193

Actions (login required)

View Item View Item