Rayindra, Monica Ayu (2024) Model pembelajaran project bassed learning (PJBL) terhadap hasil belajar dalam menggambar komik berupa cerita fabel di MTS / Monica Ayu Rayindra</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan di MTsN 10 Banyuwangi hasil wawancara yang dilakukan dengan beberapa guru seni budaya dalamkelompok MGMP di wilayah Banyuwangi ditemukan bahwa masih terdapatpermasalahan tentang model pembelajaran yang digunakan. Hasil wawancaramengungkapkan keterbatasan kreatifitas guru dan keterbatasan media dalammengajar merupakan intervensi bagi guru dalam menerapkaan modelpembelajaran efektif. Mayoritas guru tetap menggunakan pendekatan ceramah danhafalan. Guru-guru memiliki keyakinan bahwa materi seni budaya adalah materiyang bersifat hafalan konsep-konsep. Akibatnya jika pembelajaran dilakukansecara pasif peserta didik akan cepat bosan dan jenuh. Guru harus menggunakanmodel pembelajaran yang memacu peserta didik untuk menerapkan pengetahuan prinsip dan keyakinan yang telah dipelajari selama proses pembelajaran untukmengakomodasi perkembangan dan karakteristik peserta didik.Jenis penelitian ini merupakan penelitian (mix methods) kualitatif sebagaimodel primer dan model sekundernya adalah kuantitatif. Cerita fabel sebagaipemantik Project Based Learning (PjBL) dideskripsikan secara kualitatif melaluigambar binatang tumbuhan fabel dibagi menjadi dua jenis yaitu Fabel alami danFabel adaptasi. Sedangkan Project Based Learning (PjBL) sebagai modul proyekdalam pembelajaran peserta didik kelas VIII. Kemudian secara kuantitatif denganmodel menganalisis data dari hasil belajar (ketuntasan klasikal) respon pesertadidik menggunakan angket pre-test dan post-test. Penelitian ini menggunakan tes(pre-test dan post-test) yang kemudian dibandingkan dengan hasil sebelum dansesudah intervensi. Oleh karena itu penelitian ini adalah studi kasus di manakegiatan ilmiah pada anak dilakukan secara berurutan dalam bentuk program acara kegiatan. Kesimpulan penelitian yang ditulis secara analitis dan deskriptif didasarkan pada pengamatan perilaku khususnya yang berhubungan dengan hasilbelajar berupa cerita fabel sebagai pemantik PjBL materi menggambar komik.Pengetahuan kualitatif di dukung oleh data kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon peserta didik dan guruterhadap model pembelajaran project bassed learning (PjBL) dilihat dariobservasi. Rerata observasi keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba kelompokkecil dan uji coba kelompok besar masing-masing memperoleh nilai rerata 85 06dan 87 91 dengan kriteria sangat baik. Hasil tersebut sesuai dengan kriteriapenilaian respon peserta didik dan guru. Keterlaksanaan pembelajaran yang sangatbaik menyebabkan respon guru dan respon peserta didik juga baik. Rerata responrespon guru dan peserta didik terhadap model pembelajaran project bassedlearning (PjBL) memiliki skor rerata masing-masing sebesar 85 57 88 26 dan89 90 dengan kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa menggunakanmodel pembelajaran project bassed learning (PjBL) sangat baik digunakan padaberbagai kemampuan kognitif peserta didik.Keefektifan penilaian hasil belajar diukur menggunakan N-Gain untukmengukur model pembelajaran project bassed learning (PjBL) dalammeningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada seluruh uji nilai N-Gain padasetiap pertemuan mengalami kenaikan. Kenaikan ini dibuktikan denganperolehan nilai N-Gain yang pada pertemuan terakhir dalam uji kelompok kecilsebesar 0 68 dengan kategori sedang menjadi 0 78 dengan kategori tinggi padapertemuan terakhir uji coba kelompok besar. Hal tersebut menunjukkan bahwamodel pembelajaran project bassed learning (PjBL) efektif dalam meningkatkanhasil belajar peserta didik dalam memahami materi menggambar komik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S2 Keguruan Seni Rupa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/364171 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |