Optimalisasi pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) oleh guru untuk kemajuan sekolah (studi kasus SMA Negeri 1 Gresik) / Fitriani Havivah - Repositori Universitas Negeri Malang

Optimalisasi pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) oleh guru untuk kemajuan sekolah (studi kasus SMA Negeri 1 Gresik) / Fitriani Havivah

Havivah, Fitriani (2015) Optimalisasi pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) oleh guru untuk kemajuan sekolah (studi kasus SMA Negeri 1 Gresik) / Fitriani Havivah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Havivah Fitriani. 2015. Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) Oleh Guru untuk Kemajuan Sekolah (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Gresik). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M.Pd. Dosen Pembimbing (II) Sunarni S.Pd M.Pd. Kata kunci optimalisasi teknologi informasi kemajuan sekolah. Pemanfaatan teknologi akibat kemajuan IPTEK berdampak pada perubahan global di lembaga pendidikan. Perubahan ini memberi pengaruh besar terhadap penggunaan teknologi informasi dalam mengoptimalkan kinerja guru di sekolah. Banyak sekolah yang memanfaatkan teknologi informasi untuk memajukan pendidikan terutama sekolah yang dikategorikan mandiri dan sekolah-sekolah unggul. Salah satu sekolah di Kabupaten Gresik yang memanfaatkan TI untuk memajukan pendidikannya adalah SMA Negeri I Gresik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aspek yang menjadi fokus dalam penelitian yang berkaitan dengan ketersediaan TI di sekolah pemanfaatan TI oleh guru upaya guru dalam mengaplikasikan TI proses kinerja guru dalam memanfaatkan TI upaya sekolah dalam mengapresiasi upaya guru mengaplikasikan TI dan mengetahui hambatan pemanfaatan TI. Peneliti memilih rancangan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus digunakan karena peneliti meneliti objek yang dipandang sebagai Optimalisasi Pemanfaatan TI Oleh Guru untuk Kemajuan Sekolah di SMA Negeri 1 Gresik. Informan penelitian ini antara lain 1) Kepala Sekolah 2) Wakil Kurikulum 3) Koordinator TI 4) Guru TIK dan 5) Guru Fisika. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara dokumentasi dan observasi untuk mengolah data. Kegiatan analisis data menggunakan analisis domain untuk mengecek kredibilitas data. Temuan penelitian ini adalah Pertama sekolah memiliki keunggulan berupa kelengkapan sarana TI terdiri dari sarana TI yaitu ruang TI dan multimedia fiber optic access point IDS wifi 24 jam 32 LCD proyektor 22 laptop 40 PC dan kuantitas program TI yaitu Simajes dan Kugalas aplikasi denah ruang pengadaan laptop dan PC pembuatan bahan ajar pengisian Dapodik program prakarya kewirausahaan serta kualitas program TI yaitu outcomes yang membuat website sekolah pengisian data sekolah. Kedua sebagian besar para guru dan staf sekolah menunjukkan kinerja yang memuaskan dalam pemanfaatan TI meliputi media mengajar yaitu laptop LCD proyektor animasi dari flash Quipper School E-Mudel dan movie lewat Power Point sumber belajar yaitu website bahan ajar dari IDS dan akses soal latihan ujian dari line192.168 pengarsipan persiapan kelas dan evaluasi hasil belajar yaitu Simajes dan Kugalas upload bahan ajar dan pengiriman soal melalui Quipper School dokumentasi karya ilmiah yaitu Penelitian Tindakan Kelas berbasis Problem Based Learning tahun 2005 Thesis berjudul Pengembangan Situs Internet di Bidang Fisika untuk Pembelajaran dan Pemanfaatan E-Learning Quipper School Indonesia (QSI) sebagai Media Pembelajaran Online untuk Meningkatkan Prestasi Siswa SMAN I Gresik dan Pemantapan Siswa Menghadapi Evaluasi Nasional (ENAS) 2014-2015 . Ketiga upaya guru mengaplikasikan TI meliputi sharing informasi terkait kemajuan TI askes internet pelatihan kerjasama dengan Tim TI UNESA dan ITS untuk pelatihan E-Learning. Keempat proses kinerja guru diaplikasikan menggunakan sistem E-Learning administrasi secara online pengelolaan LAN pembuatan bahan ajar bahan presentasi dengan Power Point Excel Word animasi dari multimedia perangkat pembelajaran dengan Quipper School prestasi guru antara lain fasilitator TI ambassador Quipper School dan instruktur jaringan. Kelima upaya sekolah mengapresiasi upaya guru memanfaatkan TI yaitu evaluasi kinerja meliputi pelatihan berbasis TI supervisi perangkat pembelajaran perbaikan kinerja dengan berkonsultasi lewat Tim TI Tim TI mencari informasi baru dan pelatihan E-Learning penghargaan kinerja dengan pemberian Flash Disk uang dan sertifikat. Keenam hambatan pemanfaatan TI a) kurangnya pengetahuan TI c) kesulitan penggunaan program Word Excel dalam KBM d) waktu relatif lama dan e) teknis pelaksanaan tidak lancar dan listrik padam. Hambatan dari faktor usia solusinya pelatihan waktu khusus workshop pemanfatan E-Learning pembuatan bahan ajar pendampingan oleh Tim TI dan teman sejawat hambatan di koneksi internet solusinya diberikan FO dan memasang tambahan wifi tindak lanjut sekolah yaitu mengaplikasikan semua program sekolah yang berbasis TI dan merintis sekolah mecapai keunggulan dalam bidang TI. Saran antara lain 1) kepala SMAN I Gresik hendaknya selalu meningkatkan keunggulan sekolah yang ber-icon Teknologi Informasi 2) pendidik SMAN I Gresik hendaknya lebih aktif memanfaatkan TI pada setiap kegiatan terutama pada Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah 3) ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya terus memperbaiki kualitas TI agar memudahkan seluruh warga jurusan Administrasi Pendidikan dalam memanfaatkan TI secara optimal 4) para mahasiswa diharapkan lebih aktif mengupdate diri akan perkembangan Teknologi Informasi sehingga bisa mengkaji lebih dalam dan banyak akan informasi maupun pengetahuan yang baru 5) peneliti lain hendaknya dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan referensi untuk dikembangkan dalam penelitian yang lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3641

Actions (login required)

View Item View Item