Pengaruh leverage, return on equity (ROE), dan komposisi dewan komisaris terhadap harga saham (Studi Emperis pada Perusahaan Food and Beverages yang Listing di BEI tahun 2007-2009) - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh leverage, return on equity (ROE), dan komposisi dewan komisaris terhadap harga saham (Studi Emperis pada Perusahaan Food and Beverages yang Listing di BEI tahun 2007-2009)

Ati, Sri Ami (2011) Pengaruh leverage, return on equity (ROE), dan komposisi dewan komisaris terhadap harga saham (Studi Emperis pada Perusahaan Food and Beverages yang Listing di BEI tahun 2007-2009). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Leverage Return On Equity (ROE) Komposisi Dewan Komisaris Harga Saham Perusahaan didirikan untuk memenuhi fungsinya sebagai badan usaha atau organisasi yang mencari keuntungan dalam pelaksanaan usahanya. Bersamaan dengan semakin majunya perkembangan dunia usaha persaingan antar perusahaan pun semakin meningkat. Agar dapat tetap bertahan dalam dunia bisnis setiap perusahaan harus berhati-hati dalam mengambil keputusan. Keputusan dalam bisnis harus memperhatikan sisi keuangan dan non keuangan untuk melihat pengaruhnya terhadap harga saham. Sisi keuangan dapat berupa rasio keuangan yaitu leverage dan return on equity (ROE). Sedangkan sisi non keuangan yaitu komposisi dewan komisaris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Leverage terhadap harga saham (2) Pengaruh Return on Equity (ROE) terhadap harga saham (3) Pengaruh Komposisi Dewan Komisaris terhadap harga saham. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif pada perusahaan Food and Beverages yang listing di BEI tahun 2007-2009. Teknik Pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 12 perusahaan. Data yang diperoleh dengan teknik dokumentasi sehingga data berjenis sekunder. Data diperoleh dari ICMD (Indonesian Capital Market Directory) dan Annual Report perusahaan. Pengujian hipotesis dengan menggunakan regresi berganda dengan bantuan SPSS 16 for windows. Berdasarkan hasil pengujian regresi berganda maka diperoleh hasil penelitian (1) tidak terdapat pengaruh antara Leverage dengan harga saham (2) terdapat pengaruh antara Return on Equity (ROE) terhadap harga saham (3) tidak terdapat pengaruh antara Komposisi dewan komisaris terhadap harga saham (4) terdapat pengaruh secara simultan antara Leverage Return on Equity (ROE) dan Komposisi dewan komisaris terhadap harga saham. Keterbatasan penelitian ini dalam meneliti leverage menggunakan indikator total hutang dibanding dengan total aktiva padahal masih banyak indikator lain dalam mengukur leverage misalnya DER. Selain itu leverage return on equity (ROE) dan komposisi dewan komisaris mempengaruhi harga saham sebesar 42%. Saran untuk penelitian selanjutnya agar menambah variabel lain diluar penelitian ini karena masih terdapat 58% variabel diluar penelitian ini yang mempengaruhi harga saham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36406

Actions (login required)

View Item View Item