Fathurrosi (2024) Pengembangan media digital storytelling sebagai suplementary pembelajaran matakuliah fotografi mahasiswa Desain Komunikasi Visual Program Sarjana STIE Asia Malang / Fathurrosi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fathurrosi. 2024. Pengembangan Media Digital Storytelling sebagai Suplementary Pembelajaran Matakuliah Fotografi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Program Sarjana STIE Asia Malang. Tesis Departemen Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Saida Ulfa S.T. M. Edu. Ph.D (II) Dr. Made Duanda Kartika Degeng S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Desain Pembelajaran Flipped Classroom Digital Storytelling Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran flipped classroom yang berbantuan media digital storytelling pada mata kuliah Fotografi untuk mahasiswa Desain Komunikasi Visual Program Sarjana STIE Asia Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi project-based learning yang mengintegrasikan penggunaan teknologi dan metode pembelajaran aktif untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Desain pembelajaran flipped classroom memungkinkan siswa untuk mengakses materi pembelajaran secara mandiri melalui media digital storytelling sebelum pertemuan kelas yang kemudian difokuskan pada diskusi dan kegiatan proyek kolaboratif. Penelitian ini mengukur efektivitas dan efisiensi desain pembelajaran ini dengan menganalisis keterlibatan siswa pemahaman konsep serta hasil belajar mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan partisipasi aktif siswa. Siswa lebih terlibat dalam proses pembelajaran lebih termotivasi dan lebih mampu mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh dalam proyek-proyek nyata. Selain itu hasil belajar mereka meningkat secara signifikan baik dalam pemahaman konsep maupun aplikasi praktis. Efisiensi desain ini juga terlihat dari optimalisasi waktu belajar di mana siswa dapat memanfaatkan waktu di luar kelas untuk mempelajari materi sementara waktu di dalam kelas digunakan untuk diskusi dan proyek kolaboratif yang lebih interaktif. Kesimpulannya pengembangan desain pembelajaran flipped classroom berbantuan media digital storytelling dengan strategi project-based learning terbukti efektif dan efisien dalam pembelajaran mata kuliah Fotografi. Desain ini tidak hanya membantu siswa dalam memahami dan menerapkan pengetahuan dengan lebih baik tetapi juga mengembangkan keterampilan abad 21 yang esensial seperti pemecahan masalah kolaborasi dan kreativitas. Oleh karena itu desain pembelajaran ini dapat direkomendasikan untuk diterapkan di berbagai konteks pendidikan untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/364032 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |