Imaniyah, Rizky Ishmatul (2015) Pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat home-schooling (studi kasus di Sekolah Dolan Villa Bukit Tidar Malang) / Rizky Ishmatul Imaniyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Imaniyah Rizky Ishmatul. 2015. Pengelolaan Hubungan Sekolah dan Masyarakat Home-schooling (Studi Kasus di Sekolah Dolan Villa Bukit Tidar Malang). Skripsi Jurusan Administarsi Pendidikan Program Studi Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd Pembimbing (II) Wildan Zulkarnain M.Pd Kata Kunci pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat home-schooling Sekolah merupakan tempat untuk menimba ilmu dan mendapatkan pendidikan formal. Sekolah adalah lembaga sosial yang berfungsi untuk melayani masyarakat dalam bidang pendidikan. Jadi seorang anggota masyarakat berhak mendapatkan pelayanan dalam pendidikan dari sekolah. Keberhasilan pendidikan tidak hanya ditentukan oleh proses di sekolah dan tersedianya sarana dan prasarana saja tetapi juga ditentukan oleh lingkungan keluarga dan masyarakat. Salah satu fungsi manajemen adalah hubungan masyarakat yang biasanya disebut dengan humas atau public relation atau PR . Humas dapat diartikan sebagai suatu kegiatan usaha yang berencana yang bertujuan untuk memperoleh pengakuan penerimaan dan dukungan masyarakat melalui komunikasi. Sekolah Dolan merupakan sekolah yang berkonsep home-schooling yang berdiri sejak tahun 2006 di Kota Malang. Program humas di Sekolah ini telah berjalan cukup baik. Untuk itu peneliti akan melakukan penelitian mengenai hubungan sekolah dan masyarakat di sekolah tersebut dengan membuat tema Pengelolaan Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Pada Home-schooling di Sekolah Dolan Villa Bukit Tidar Kota Malang. Fokus penelitian ini yaitu (1) perencanaan program hubungan sekolah dan masyarakat di Sekolah Dolan (home-schooling) Villa Bukit Tidar Malang (2) pelaksanaan program hubungan sekolah dan masyarakat di Sekolah Dolan (home-schooling) Villa Bukit Tidar Malang (3) evaluasi program hubungan sekolah dan masyarakat di Sekolah Dolan (home-schooling) Villa Bukit Tidar Malang. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Kualitatif adalah pada mulanya bersumber dari pengamatan kualitatif yang dipertentangkan dengan pengamatan kuantitatif. Penelitian deskriptif bertujuan untuk menggambarkan sesuatu apa yang ada saat ini. Di dalamnya terdapat upaya mendeskripsikan atau menggambarkan mencatat dan menganalisis kondisi-kondisi yang sekarang terjadi. Lokasi penelitian ini bertempat di salah satu sekolah yang berkonsep home-schooling di Kota Malang yaitu di Sekolah Dolan Villa Bukit Tidar Kota Malang. Sekolah Dolan tersebut tepatnya berada di perumahan Villa Bukit Tidar A2-209 Merjosari Malang Jawa Timur. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat di Sekolah Dolan (home-schooling) Villa Bukit Tidar Malang yaitu (1) perencanaan program hubungan sekolah dan masyarakat dilakukan dengan menyusun program kerja rutin dan program kerja insidentil (2) pelaksanaan program hubungan sekolah dan masyarakat dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan media elektronik media cetak intasni pendidikan acara bookfair PWEC dan Komunitas-Komunitas di Kota Malang. mengikutsertakan warga sekitar sekolah melaksanaan pembinaan TK melaksanakan promosi di media elektronik media sosial serta orangtua (3) evaluasi program hubungan sekolah dan masyarakat dilakukan setelah kegiatan program hubungan sekolah dan masyarakat selesai pada kegiatan ini melibatkan pengelola dan bendahara sekolah. Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada Pengelolah Sekolah Dolan (home-schooling) Villa Bukit Tidar Malang hendaknya membuat struktur kepengurusan untuk bagian hubungan sekolah dan masyarakat atau Waka Humas Kepada Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan agar lebih meningkatkan kerjasama dengan sekolah-sekolah terutama sekolah non formal seperti home-schooling agar mempunyai banyak relasi untuk mahasiswa yang hendak melakukan penelitian kepada orangtua agar lebih memperhatikan dan memahami tentang pentingnya pendidikan khususnya dengan adanya pendidikan non formal seperti home-schooling serta peneliti lain agar dapat memberikan wawasan dan informasi mengenai penelitian yang sejenis sehingga lebih memaksimalkan hasil yang diperoleh peneliti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3640 |
Actions (login required)
View Item |