Sinaga, Muhammad Najmi Alwi (2024) Pengembangan learning management system berbasis Pustaka digital menggunakan strategi tringo untuk meningkatkan kompetensi technological content knowledge (TCK) bagi kader Muhammadiyah / Muhammad Najmi Alwi Sinaga</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengembangan teknologi pendidikan merupakan langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di berbagai institusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Learning Management System (LMS) berbasis pustaka digital dengan strategi TRINGO (Ngerti Ngeroso Nglakoni) guna meningkatkan kompetensi Technological Content Knowledge (TCK) bagi kader Muhammadiyah di Kota Malang. Metodologi yang digunakan meliputi pengumpulan data melalui validasi oleh ahli media ahli strategi pembelajaran dan ahli materi implementasi LMS melalui uji coba terbatas dan penuh serta evaluasi hasil belajar peserta melalui pre-test dan post-test. Validasi media dilakukan oleh satu ahli media yang memberikan skor validitas sebesar 95% menunjukkan bahwa LMS ini sangat layak dan siap digunakan. Sementara itu validasi strategi pembelajaran oleh satu ahli strategi memperoleh skor validitas sebesar 100% menegaskan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan sangat efektif dan sesuai dengan tujuan pelatihan. Validasi materi oleh dua ahli materi menghasilkan skor validitas sebesar 95% memastikan bahwa materi yang disajikan relevan lengkap dan efektif dalam meningkatkan kompetensi TCK peserta diklat. Implementasi terbatas melalui Focus Group Discussion (FGD) dengan 20 peserta menunjukkan tingkat validitas sebesar 90% sedangkan implementasi penuh kepada 40 peserta mencapai validitas sebesar 87 5%. Evaluasi hasil belajar melalui pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan rata-rata skor sebesar 18% dari 42% pada pre-test menjadi 60% pada post-test. Selain itu tingkat keberhasilan hasil belajar mencapai 90% yang termasuk dalam kategori A (80% - 100%) dengan kualifikasi Sangat Efektif Digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LMS berbasis pustaka digital yang dikembangkan menggunakan strategi TRINGO efektif dalam meningkatkan kompetensi TCK peserta diklat. Selain itu LMS ini dinilai sangat valid dan layak digunakan oleh para ahli media strategi pembelajaran dan materi. Feedback dari peserta juga menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap penggunaan LMS meskipun terdapat beberapa saran untuk perbaikan lebih lanjut seperti pengembangan fitur forum diskusi dan peningkatan kemudahan pengunggahan tugas praktik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa LMS berbasis pustaka digital yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kompetensi TCK dan siap untuk diimplementasikan secara lebih luas di lingkungan Muhammadiyah di Kota Malang. Dengan adanya validitas media strategi pembelajaran dan materi yang tinggi serta peningkatan hasil belajar yang signifikan LMS ini diharapkan dapat menjadi solusi teknologi pendidikan yang bermanfaat dan adaptif terhadap perkembangan terbaru dalam bidang pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Feb 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/363944 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |