Halimah, Nur (2024) Pengaruh tingkat penerimaan learning management system terhadap kemampuan self regulated learning / Nur Halimah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Organisasi dituntut harus tetap kompetitif dan relevan dalam era perubahan dan kemajuan teknologi. Upaya untuk mengatasinya adalah meningkatkan kompetensi dan daya saing melalui pembelajaran berkelanjutan. Self Regulated Learning (SRL) disebutkan sebagai kompetensi yang paling penting dalam lifelong learning. Untuk mendukung kemampuan SRL hal yang dapat dilakukan adalah dengan pemanfaatan teknologi yaitu LMS. Saat ini sebagian besar kementerian dan lembaga non kementerian telah memiliki LMS. Namun pemanfaatan LMS saat ini dirasa masih sangat kurang sehingga belum mampu meningkatkan kemampuan SRL pegawai. Untuk mengingkatkan kemampuan SRL melalui pemanfaatan LMS maka perlu dipahami hubungan antara tingkat penerimaan LMS dan kemampuan SRL. Penerimaan teknologi dapat menjadi faktor kunci yang mempengaruhi keberhasilan implementasi LMS. Implementasi LMS diharapkan mampu meningkatkan kemampuan SRL penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami hubungan antara tingkat penerimaan LMS dan kemampuan SRL dengan melihat ada tidaknya perbedaan tingkat kemampuan Self Regulated Learning antara kelompok pembelajar yang memiliki tingkat penerimaan LMS tinggi dan rendah. Rancangan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian non eksperimental. Subyek dalam penelitian ini adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) di salah satu kementerian pengguna LMS sebanyak seratus lima puluh sembilan (159) orang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tingkat penerimaan LMS sebagai variabel independen dan kemampuan SRL sebagai variabel dependen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket tertutup dengan skala Likert dengan 1-5. Angket yang terdiri dari 2 (dua) bagian besar yaitu angket penerimaan teknologi dan angket terkait SRL yang diadopsi dari penelitian sebelumnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah one way anova. Pengujian hipotesis dilakukan dengan berbantuan SPSS versi 24 for windows. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan SRL antara kelompok pembelajar yang memiliki tingkat penerimaan LMS tinggi dan rendah. Temuan ini memperlihatkan bahwa tingkat penerimaan LMS memiliki dampak positif pada pengembangan kemampuan SRL. Oleh karena itu ntuk memastikan implementasi LMS dapat mendukung pengembangan kemampuan SRL maka kebutuhan pengguna akan akan fitur-fitur yang dapat meningkatkan kemampuan SRL dan faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan LMS perlu diakomodir dalam pengembangan LMS.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/363943 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |