Kaesti, Mutiarani Rizki Dyah Edi (2024) Pengembangan manual supervisi berbasis SLA (structured supervision approach) untuk meningkatkan kompetensi konselor dalam asesmen online layanan karier / Mutiarani Rizki Dyah Edi Kaesti</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kompetensi asesmen psikologis merupakan keterampilan yang harus dikuasai konselor sebagai dasar dalam mengumpulkan data dan memotret kondisi mengenai kebutuhan siswa SMK terutama dalam setting layanan karier. Siswa SMK yang dipersiapkan untuk memasuki dunia kerja seringkali mengalami beberapa permasalah terkait dalam perencanaan pengambilan keputusan serta adaptabilitas karier masa depan. Berdasarkan studi awal yang dilakukan pada konselor SMK di Kabupaten Malang kompetensi dalam menyusun asesmen merupakan kompetensi yang paling rendah diantara tujuh kompetensi profesional yang lain. Peningkatan kompetensi asesmen online pada penelitian ini menggunakan supervisi berbasis SLA (structured learning approach). Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan manual supervisi berbasis SLA untuk meningkatkan kompetensi konselor dalam asesmen online layanan karier yang memenuhi keberterimaan produk. Model penelitian dan pegembangan ini menggunakan Borg and Gall (1983) dengan tahapan meliputi mencari dan mengumpulkan data merencanakan pengembangan pengembangan produk validitas produk perbaikan uji keefektifan perbaikan uji coba tanpa hadirnya pengembang perbaikan diseminasi. Subjek penelitian adalah konselor di Kabupaten Malang. Subjek ahli dalam penelitian dan pengembangan ini ialah ahli media ahli materi dan calon pengguna produk. Ahli media dilakukan oleh dosen media pembelajaran ahli materi dilakukan oleh dosen bimbingan dan konseling serta calon pengguna dilakukan oleh konselor. Instrumen yang digunakan ialah instrumen penilaian ahli media materi dan calon pengguna. Analisis data dalam validitas ahli menggunakan validitas Aiken sedangkan untuk eksperimen dalam uji keefektifan produk menggunakan single subject design (SSD). Hasil produk ini disusun atas format dan isi materi manual supervisi berbasis SLA untuk meningkatkan kompetensi konselor dalam asesmen online layanan karier. Format manual telah diuji oleh ahli media dengan memperoleh indeks validitas sebesar 0 99. Isi materi manual dilakukan uji oleh ahli materi supervisi memperoleh indeks validitas sebesar 0 93. Selain itu materi supervisi telah diuji kepraktisan oleh calon pengguna memperoleh indeks validitas sebesar 0 83. Berdasarkan penilaian oleh para ahli dan calon pengguna masing-masing memperoleh kategori tinggi yang dapat diartikan bahwa produk manul menerima kelayakan produk sebagai media dan materi dalam pelaksanaan supervisi secara teoritis maupun praktis dari aspek ketepatan kejelasan dan kegunaan.Hasil uji keefektian produk manual kepada empat konselor secara Kesimpulan memiliki grafik intervensi cenderung naik dan overlap 0% yang berarti adanya perubahan kompetensi asesmen online layanan karier dengan intervensi menggunakan supervisi berbasis SLA. Hasil uji coba tanpa hadirnya pengembang juga mendapatkan skor sebersar 0 89 dengan kategori tinggi yang berarti bahwa produk manual telah teruji dan dapat digunakan tanpa hadirnya pengembang. Selanjutnya penelitian berikutnya dapat menggunakan manual supervisi berbasis SLA untuk meningkatkan kompetensi konselor dalam asesmen online dengan layanan yang berbeda selain karier. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa produk manual supervise berbasis SLA untuk meningkatkan kompetensi konselor dalam asesmen online layanan karier telah berterima dan layak sebagai media serta materi dalam pelaksanaan supervisi dari segi aspek ketepatan kejelasan dan kegunaan. Supervisi berbasis SLA efektif digunakan untuk meningkatkan kompetensi konselor dalam asesmen online layanan karier. Akan tetapi manual supervisi ini masih memiliki keterbatasan dalam layanan karier saja sehingga peneliti selanjutnya dapat menggunakan supervisi berbasis SLA untuk meningkatkan kompetensi konselor dalam asesmen online pada bidang layanan pribadi sosial maupun belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/363934 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |