Furqon, Wida Mazyda Al-labibah (2023) Kontribusi minat belajar, efikasi diri, dukungan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar peserta didik / Wida Mazyda Al-labibah Furqon</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Furqon Wida Mazyda Al-Labibah. 2023. Kontribusi Minat Belajar Efikasi Diri Dukungan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Terhadap Kekemandirianan Belajar Peserta Didik. Program Studi S2 Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Dr. M. Ramli M. A Pembimbing 2) Prof. Dr. Adi Atmoko M.Si M.Pd. Kata Kunci minat belajar efikasi diri dukungan teman sebaya motivasi belajar kekemandirianan belajar. Kekemandirianan belajar adalah perilaku peserta didik dalam mewujudkan keinginannya atau keinginan dalam kenyataan tanpa bergantung pada orang lain. Sanjaya (2021) kemandirianan belajar memberikan dapak positif bagi individu dikala adanya perubahan sistem pebelajaran. Berdasarkan observasi siswa SMP 1 dan SMP 2 Bantur masih memiliki tingkat kemandirian belajar yang rendah hal itu dipengaruhi oleh faktor tertentu diantaranya minat belajar efikasi diri dukungan teman sebaya dn motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai seberapa besar kontribusi antara minat belajar efikasi diri dukungan teman sebaya dan motivasi belajar. Rancangan penelitian yang digunakn dalam penelitian ini yaitu penelitian korelasional dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif atau ex post facto (Tackman 1999). Instrumen penelitiannya menggunakn instrumen angket sebagi alat pengumpulan data yang terdiri dari skala kemandirian belajar minat belajar efikasi diri dukungan teman sebaya dan motivasi belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunkan teknik anlisis linear berganda. Hasil penelitian menunjukan uji validitas yang dilakukan terhadap 35 item pernyataan menghasilkan 34 item valid selanjutnya dilakukan uji reliabilitas terhadap item valid menghasilkan item pernyataan yang digunakan dalam penelitian bernilai 0.06 lt Cronbach rsquo s Alpha yang berarti reliabel. Selanjutnya hasil uji normalitas nilai signifikansi Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.841 gt 0.05 disimpulkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Hasil uji t menujukan terdapat pengaruh antara variabel X1 X2 X3 dan X4 terhadap Y dengan kontribusi yang paling besar atau signifikan yaitu X3(dukungan teman sebaya) terdap Y (kemandirian belajar). Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) terdapat 34 item yang teruji valid dan reliabel yang digunakan dalam penelitian ini 2) data yang dihasilkan dalam penelitian ini berdistribusi normal 3) hasil uji simultan menghasilkan variabel minat belajar efikasi diri dukungan teman sebaya dn motivasi belaar berpengaruh terhadap kemandirian beaar dan hasil uji parsial atau uji t menunjukan kontribusi dukungan teman sebaya lebih banyak terhadap kemandirian belajar peserta didik. Adapun saran dalam penelitian ini yakni a) bagi konselor dapat dijadikan sebagai salah satu informasi untuk dapat membuat upaya peningkatan kemandirian belajar di sekolah SMP 1 dan SMP 2 Bantur b) bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengembangkan penelitian dengan memperluas populasi apabila menggunakan judul yang memiliki kesamaan dengan penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/363932 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |