Pengembangan panduan teknik sosiodrama bermuatan nilai-nilai tringa untuk mencegah perilaku microagressions siswa Sekolah Menengah Pertama / Alief Laili Budiyono</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan teknik sosiodrama bermuatan nilai-nilai tringa untuk mencegah perilaku microagressions siswa Sekolah Menengah Pertama / Alief Laili Budiyono</p>

Budiyono, Alief Laili (2024) Pengembangan panduan teknik sosiodrama bermuatan nilai-nilai tringa untuk mencegah perilaku microagressions siswa Sekolah Menengah Pertama / Alief Laili Budiyono</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Microagressions adalah penghinaan dalam bentuk perilaku yang tidak disadari yang berhubungan dengan ras orientasi seksual jenis kelamin kemampuan dan agama. Microagressions terdiri atas tiga indikator yang meliputi microassault microinsult dan microvalidation. Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan sebuah panduan teknik sosiodrama bermuatan nilai-nilai TRINGA untuk mencegah perilaku microagressions siswa SMP yang telah diuji sesuai dengan keberterimaan produk yang meliputi ketepatan kemenarikan kegunaan dan kemudahan serta mengetahui efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan metode R amp D dengan model ADDIE yang terdiri dari analisis desain pengembangan produk implementasi dan evaluasi. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah skala microagressions instrument penilaian ahli dan instrument penilaian calon pengguna produk. Desain uji coba kelompok kecil dalam penelitian ini menggunakan quasi experimental design yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah interrater agreement untuk menganalisis hasil data numerik penilaian ahli dan calon pengguna produk yang terdiri dari 2 validator. Kemudan penelitian ini juga menggunakan Intraclass Corelation Coefficient (ICC) untuk menganalisis hasil data numerik penilaian ahli yang terdiri dari 3 validator. Untuk mengetahui uji keefektifan masing-masing kelompok menggunakan uji wilcoxon yang digunakan untuk mengetahui adanya perbedaan nilai pretest dan posttest. Selanjutnya untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok teknik sosiodrama bermuatan nilai-nilai TRINGA dengan bimbingan kelompok menggunakan teknik diskusi dan problem solving dapat menggunakan uji mann whiteney. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa panduan teknik sosiodrama bermuatan nilai-nilai TRINGA untuk mencegah perilaku microagressions siswa SMP telah memenuhi aspek keberterimaan yang dibuktikan melalui hasil nilai uji ahli materi Bimbingan dan Konseling yang dianalisis menggunakan ICC dengan nilai 0 786. Selanjutnya uji ahli media dan budaya yang dianalisis dengan menggunakan interrater agreement dengan nilai 1 yang berarti sangat layak. Kemudian uji calon pengguna juga dianalisis dengan menggunakan interrater agreement menghasilkan nilai 0 92 yang berarti sangat layak. Selanjutnya uji keefektifan kelompok eksperimen dengan nilai signifikansi 0 002 yang berarti terdapat perbedaan antara nilai pretest dan posttest. Selanjutnya uji mann whitney menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0 000 yang berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelompok kesperimen menggunakan teknik sosiodrama bermuatan nilai-nilai TRINGA dengan kelompok kontrol yang menggunakan teknik diskusi dan problem solving. Panduan teknik sosiodrama bermuatan nilai-nilai TRINGA untuk mencegah perilaku microagressions siswa sekolah menengah pertama menyajikan prosedur dan tahapan pelaksanaannya. Konselor diharapkan dapat lebih mendalami nilai-nilai yang disajikan dalam panduan guna agar layanan dapat terlaksana dengan mudah. Selanjutnya saran bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan teknik sosiodrama dengan muatan budaya lainnya untuk mencegah perilaku microagressions siswa SMP sehingga dapat membandingkan dengan hasil dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Oct 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/363931

Actions (login required)

View Item View Item