Keefektifan bimbingan kelompok teknik sinemaedukasi untuk mengembangkan self awareness siswa reguler di sekolah inklusi / Binti Uswatun Hasanah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan bimbingan kelompok teknik sinemaedukasi untuk mengembangkan self awareness siswa reguler di sekolah inklusi / Binti Uswatun Hasanah</p>

Hasanah, Binti Uswatun (2024) Keefektifan bimbingan kelompok teknik sinemaedukasi untuk mengembangkan self awareness siswa reguler di sekolah inklusi / Binti Uswatun Hasanah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesadaran diri adalah kemampuan untuk mengetahui perasaan kualitas kekurangan kebutuhan dan dorongan yang ada dalam diri sendiri. Mengembangkan kesadaran diri siswa di sekolah inklusi dapat memperkuat cara pandang pemahaman dan menambah informasi mengenai perbedaan antara siswa reguler dan siswa dengan kebutuhan khusus. Diakui bahwa kebersamaan siswa di sekolah inklusi dapat mempengaruhi kehidupan dalam keberagaman. Dalam upaya mencapai kesetaraan dan terselenggaranya pendidikan tanpa diskriminasi sekolah inklusi memberikan akses pendidikan yang setara kepada siswa reguler dan siswa berkebutuhan khusus. Siswa di sekolah inklusif yang berkumpul diyakini dapat memberikan dampak positif dan efektif dalam hidup dalam keberagaman. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji keefektifan bimbiingan kelompok teknik sinemaedukasi untuk mengembangkan self awareness siswa reguler di sekolah inklusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental dengan nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan ialah purposive sampling. Populasi ada penelitian ini ialah siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Malang yang terdiri dari 6 kelas yaitu kelas VIII A hingga VIII F. Pengambilan kelas pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII C sebanyak 33 siswa dan siswa kelas VIII F sebanyak 35 siswa. Terdapat 68 siswa yang masuk dalam kategori kesadaran diri sedang dan akan melakukan penelitian. Penentuan siswa dilakukan secara acak dengan menggunakan undian sehingga terdapat 8 siswa pada kelompok uji coba dan 8 siswa pada kelompok benchmark. Beraneka ragam informasi memanfaatkan legitimasi dan ketergantungan yang berkembang. Analisis deskriptif menggunakan nilai mean standar deviasi minimum dan maksimum menghasilkan hasil analisis data. Hasil uji spekulasi menggunakan uji Wilcoxon dan Mann-Whitney U Test. Hasil tes Wilcoxon mendapat 0 012 lt 0 05 pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol mendapat 0 011 lt 0 05 mengingat hasil ini spekulasi diakui. Mann-Whitney U Test menghasilkan nilai 0 002 plusmn 0 05 yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara tingkat kesadaran diri kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Tujuan yang didapat pemberian film pada tenik sinemaedukasi untuk menumbuhkan kesadaran siswa reguler di sekolah inklusi. Saran bagi konselor diharapkan dapat memilah film yang relevan dengan permasalahan siswa dengan menggunakan bimbingan kelompok teknik sinemaedukasi. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan teknik sinemedukasi bermuatan budaya melakukan desiminasi dan sosialisasi serta melakukan kajian menggunakan teknik-teknik lain yang sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan asessmen kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Oct 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/363928

Actions (login required)

View Item View Item