Hubungan tingkat pemanfaatan media pembelajaran dan kepuasan peserta didik dalam proses pembelajaran di SMA Negeri se-Kota Malang / Nadya Clara Shinta - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan tingkat pemanfaatan media pembelajaran dan kepuasan peserta didik dalam proses pembelajaran di SMA Negeri se-Kota Malang / Nadya Clara Shinta

Shinta, Nadya Clara (2015) Hubungan tingkat pemanfaatan media pembelajaran dan kepuasan peserta didik dalam proses pembelajaran di SMA Negeri se-Kota Malang / Nadya Clara Shinta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Shinta Nadya Clara. 2015. Hubungan Tingkat Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Kepuasan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran di SMA Negeri se-Kota Malang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Timan M. Pd (II) Wildan Zulkarnain S. Pd M. Pd. Kata kunci kuantitas kualitas kepuasan peserta didik multimedia pembelajaran Dewasa ini usaha dalam meningkatkan kualitas pendidikan menjadi prioritas utama bagi pemerintah dan dilakukan perbaikan secara terus-menerus. Dari sisi sarana dan prasarana dapat dijadikan faktor pendorong dalam memperbaiki kualitas sekolah. Namun pada kenyataannya tidak semua sekolah dapat dengan mudah melakukan perbaikan sarana dan prasarana dengan berbagai penyebab. Dalam perspektif masyarakat secara luas baik dan buruknya suatu sekolah ditentukan oleh fasilitas yang diberikan sekolah. Media pembelajaran yang juga termasuk dalam bagian sarana dan prasarana pembelajaran menjadi bagian terpenting. Sebab media pembelajaran yang dipakai guru dalam pembelajaran di kelas untuk mempermudah penyampaian materi pada peserta didik. Selain untuk mempermudah media pembelajaran juga diharapkan menjadi faktor pendukung agar peserta didik dapat lebih memahami materi yang disajikan guru. Adanya variasi penerapan media pembelajaran saat pembelajaran juga akan menumbuhkan rasa antusias peserta didik dalam setiap materi yang diberikan oleh guru. Melalui manajemen sarana dan prasarana yang baik keberadaan media pembelajaran berbasis alat-alat multimedia dapat dimanfaatkan sebaik mungkin baik oleh guru maupun peserta didik. Serta dengan sekolah terus berusaha meningkatkan kualitas produk dan layanannya diharapkan sekolah mampu menciptakan rasa nyaman dan kepuasan peserta didik saat belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) tingkat kuantitas penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia oleh peserta didik di SMA Negeri se-Kota Malang (2) tingkat kualitas pemanfaatan media pembelajaran berbasis multimedia di SMA Negeri se-Kota Malang (3) tingkat kepuasan peserta didik dalam proses pembelajaran di SMA Negeri se-Kota Malang (4) hubungan kuantitas pemanfaatan media pembelajaran berbasis multimedia dan kepuasan peserta didik dalam proses pembelajaran di SMA Negeri se-Kota Malang (5) hubungan kualitas pemanfaatan media pembelajaran berbasis multimedia dan kepuasan peserta didik dalam proses pembelajaran di SMA Negeri se-Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan rancangan penelitian yang digunakan yaitu deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri se-Kota Malang dengan jumlah 9.070 orang dengan sampel 383 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan angket. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif dengan langkah awal menentukan kualifikasi setelah itu menentukan persentase dan menguji hubungan antar variabel dengan rumus korelasi Product Moment Pearson. Hasil analisis yang diperoleh yaitu diketahui bahwa tingkat kuantitas dan kualitas pemanfaatan media pembelajaran berbasis multimedia rendah. Oleh karena itu kepuasan peserta didik dalam proses pembelajaran juga rendah uji hipotesis terhadap variabel kuantitas dan kepuasan diperoleh hasil yang signifikan bahwa terdapat hubungan. Kemudian juga diperoleh hasil bahwa ada hubungan yang signifikan antara variabel kualitas dengan variabel kepuasan. Kesimpulan yang diperoleh (1) kuantitas pemanfaatan media pembelajaran berbasis multimedia oleh peserta didik di SMA Negeri se-Kota Malang berada pada kategori rendah (2) kualitas pemanfaatan media pembelajaran berbasis multimedia oleh peserta didik di SMA Negeri se-Kota Malang berada pada kategori rendah (3) kepuasan peserta didik dalam proses pembelajaran di SMA Negeri se-Kota Malang berada pada kategori rendah (4) terdapat hubungan yang signifikan antara kuantitas pemanfaatan media pembelajaran berbasis multimedia dan kepuasan peserta didik dalam proses pembelajaran di SMA Negeri se-Kota Malang (5) terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pemanfaatan media pembelajaran berbasis multimedia dan kepuasan peserta didik dalam proses pembelajaran di SMA Negeri se-Kota Malang. Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini diantaranya bagi (1) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang hendaknya memantau pemanfaatan fasilitas sarana dan prasarana sekolah terutama media pembelajaran berbasis multimedia agar setiap sekolah dapat memperbaiki fasilitas sekolah untuk memenuhi kebutuhan peserta didik (2) Kepala SMA Negeri se-Kota Malang melakukan evaluasi serta peningkatkan dalam pengaturan baik secara kuantitas dan kualitas pemanfaatan media pembelajaran yang dimiliki dalam bentuk pengadaan fasilitas sekolah khususnya multimedia pembelajaran (3) Guru dan staf di SMA Negeri se-Kota Malang selalu membantu dan mengupayakan pemanfaatan media pembelajaran baik saat pembelajaran di kelas maupun saat peserta didik membutuhkan fasilitas tersebut untuk menunjang belajar di luar jam pelajaran (4) Peserta Didik di SMA Negeri se-Kota Malang hendaknya memiliki inisiatif dalam memanfaatkan media pembelajaran untuk belajar dengan meningkatkan intensitas penggunaan fasilitas tersebut. Selain itu peserta didik hendaknya selalu merawat dan menjaga media pembelajaran berbasis multimedia ketika menggunakan (5) Peneliti lain dapat mengembangkan penelitian serupa namun dengan subjek penelitian yang berbeda yaitu dari sisi guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis multimedia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3639

Actions (login required)

View Item View Item