Pengaruh market value, bid-ask spread, dan risk of return terhadap holding period saham pada perusahaan LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2009 / Adityo Prayogo

Prayogo, Adityo (2011) Pengaruh market value, bid-ask spread, dan risk of return terhadap holding period saham pada perusahaan LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2009 / Adityo Prayogo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci : Market Value, Bid-Ask Spread, Risk of Return, Holding Period Pasar modal merupakan tempat pertemuan antara pihak membutuhkan dana dan pihak mempunyai kelebihan dana. Investasi pada hakekatnya merupakan penempatan sejumlah dana pada saat ini dengan harapan untuk memperoleh keuntungan dimasa yang akan datang. Pelaku pasar yaitu individu-individu atau badan usaha yang mempunyai kelebihan dana (surplus funds) melakukan investasi dalam surat berharga berupa saham, obligasi dan beberapa derivatif lain. Saham merupakan instrumen investasi yang banyak dipilih para investor. Investor memiliki kebebasan untuk menahan dan melepas saham yang dimilikinya. Holding period merupakan panjangnya waktu investor untuk menahan saham suatu perusahaan yang dilakukan untuk memaksimalkan keuntungan dan memininimalkan risiko. Faktor-faktor yang diidentifikasi mempengaruhi lamanya seorang investor untuk menahan sahamnya yaitu market value, bid-ask spread, dan risk of return. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan market value bid-ask spread dan risk of return terhadap holding period. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan yang tergabung dalam indeks LQ-45 periode 2007 ÔÇô 2009 sebanyak 19 perusahaan. Pemilihan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan adalah teknik analisis regresi linear berganda dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan secara parsial dan simultan market value bid-ask spread dan risk of return terhadap holding period. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa market value bid-ask spread dan risk of return memiliki pengaruh signifikan terhadap holding period Hasil pengujian parsial menunjukkan market value dan bid-ask spread memiliki pengaruh signifikan dengan arah hubungan positif terhadap holding period saham, untuk variabel risk of return memiliki pengaruh signifikan dengan arah hubungan negatif terhadap holding period saham. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan bagi investor yang akan melakukan investasi di pasar modal memperhatikan market value, bid ask spread, dan risk of return sebagai acuan dalam pengambilan keputusan untuk menentukan masa kepemilikan sahamnya. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian sejenis, hendaknya menambah jumlah sampel dan jenis perusahaan lain yang tidak hanya tergabung dalam indeks LQ-45.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36387

Actions (login required)

View Item View Item