Keefektifan bimbingan kelompok berbasis belajar experiential untuk meningkatkan adaptabilitas karier siswa SMK / M. Khoirudin Jalil</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan bimbingan kelompok berbasis belajar experiential untuk meningkatkan adaptabilitas karier siswa SMK / M. Khoirudin Jalil</p>

Jalil, M. Khoirudin (2024) Keefektifan bimbingan kelompok berbasis belajar experiential untuk meningkatkan adaptabilitas karier siswa SMK / M. Khoirudin Jalil</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada usia 17 dan 18 tahun remaja berada pada tahap kritis di mana mereka diharapkan sudah memiliki kejelasan mengenai tujuan hidup dan karier yang ingin mereka capai. Pada usia ini dialami oleh siswa SMK remaja berada dalam tahap akhir masa sekolah menengah atas di mana mereka mulai dihadapkan dengan pilihan-pilihan penting yang akan mempengaruhi jalur karier dan kehidupan mereka di masa depan. Siswa SMK TJP Tuban masih belum sepenuhnya memiliki adaptabilitas karier yang cukup baik. Karakteristik individu dewasa awal yang belum memiliki adaptabilitas yang cukup baik tepat jika diberikan intervensi yang singkat seperti belajar experiential. Peneliti berhipotesis bahwa pendekatan ini tepat digunakan karena belajar experiential menawarkan pendekatan pembelajaran yang holistik dengan menekankan penguatan perilaku penerapan praktis refleksi mendalam dan pengembangan otonomi siswa yang dapat efektif meningkatkan adaptabilitas karier. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMK TJP Tuban yang berjurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) dan terindikasi memiliki adaptabilitas karier yang sedang. Terdapat 20 siswa yang menjadi subjek dalam penelitian dengan desain pretest-posttest control group ini. Subjek pada kelompok eksperimen dalam penelitian ini diberikan intervensi berupa bimbingan kelompok berbasi belajar experiential sedangkan subjek dalam kelompok kontrol diberikan intervensi berupa bimbingan kelompok dengan teknik sinema edukasi. Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa belajar experiential efektif untuk meningkatkan adaptabilitas karier siswa SMK TJP Tuban. Hal itu didasarkan pada ujio Two Independen Sample Test Mann-Whitney U dapat dilihat bahwa nilai Asymp. Sig sebesar 0.020 (0.020 lt 0.050). Hal itu mengindikasikan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (HI) diterima. Adapun hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam tingkat adaptabilitas karier antara kelompok eksperimen kelompok control. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok berbasis belajar experiential lebih efektif dalam mengembangkan adaptabilitas karier siswa SMK. Penelitian ini dapat menjadikan pertimbangan konselor sekolah terkait penggunaan bimbingan kelompok berbasis belajar experiential khususnya untuk membantu meningkatkan adaptabilitas karier siswa. Bagi peneliti selanjutnya disarankan memperluas penelitian ini dengan model eksperimen murni pada sampel lebih besar untuk memperkuat generalisasi hasil serta mengevaluasi efek jangka panjang model ini pada adaptabilitas karier siswa di berbagai konteks pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/363802

Actions (login required)

View Item View Item