Keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik biblioedukasi bermuatan nilai-nilai budaya hasthalaku untuk mengembangkan empati bystander bullying siswa di Madrasah Tsanawiyah / Alna Aulia Nabilla</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik biblioedukasi bermuatan nilai-nilai budaya hasthalaku untuk mengembangkan empati bystander bullying siswa di Madrasah Tsanawiyah / Alna Aulia Nabilla</p>

Nabilla, Alna Aulia (2024) Keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik biblioedukasi bermuatan nilai-nilai budaya hasthalaku untuk mengembangkan empati bystander bullying siswa di Madrasah Tsanawiyah / Alna Aulia Nabilla</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Empati adalah kapasitas afektif dalam memahami perasaan orang lain disertai kemampuan kognitif untuk memahami perspektif orang lain serta kemampuan mengkomunikasikan perasaan dan pemahamannya secara empatik terhadap orang lain baik dengan verbal maupun non verbal. Mengembangkan empati bystsnderr bullying siswa perlu dilakukan untuk mencegah dampak negatif yang ditimbulkan di lingkungan sekolah. Pengembangan empati berguna untuk memperbaiki ketakutan yang dialami para siswa untuk bertindak terhadap adanya fenomena bullying yang mereka hadapi di lingkungannya. Dalam terjadinya tindakan perundungan yang berperan tidak hanya pelaku dan korban saja melainkan ada bystander dalam kejadian bullying. Lebih lanjut terjadinya tindakan perundungan dikarenakan bystander tersebut tidak peduli atau pasif ketika melihat tindakan perundungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental dengan nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan ialah purposive sampling. Populasi ada penelitian ini ialah siswa kelas IX MTs Negeri 2 Karanganyar yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IX A dan IX B. Pengambilan kelas pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX dengan total jumlah 63 siswa. Terdapat 12 siswa yang masuk dalam kategori empatisedang dan akan melakukan penelitian. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan nilai pretest kategori sedang dengan 6 nilai tingkat terbawah dan 6 nilai tingkat teratas sehingga terdapat 6 siswa pada kelompok eksperimen dan 6 siswa pada kelompok kontrol. Analisis deskriptif menggunakan nilai mean standar deviasi minimum dan maksimum menghasilkan hasil analisis data. Hasil uji spekulasi menggunakan uji Wilcoxon dan Mann-Whitney U Test. Hasil tes Wilcoxon mendapat 0 027 lt 0 05 pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol mendapat 0 028 lt 0 05 mengingat hasil ini spekulasi diakui. Mann-Whitney U Test menghasilkan nilai 0 005 lt 0 05 yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara tingkat empati kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Tujuan yang didapat adalah arahan diadakannya pertemuan strategi pelatihan membaca untuk mengembangkan EMPATI BYSTANDER BULLYING SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/363801

Actions (login required)

View Item View Item