Purwoko, Bhagas Dani (2015) Manajemen kurikulum praktikum Jurusan Geologi Pertambangan di SMKN 4 Bojonegoro / Bhagas Dani Purwoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Purwoko Bhagas Dani. 2015. Manajemen Kurikulum Praktikum Jurusan Geologi Pertambangan di SMKN 4 Bojonegoro. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. M. Huda AY M.Pd (2) Dr. H. Sultoni M.Pd. Kata kunci Manajemen kurikulum praktikum Jurusan geologi pertambangan. 12288 12288 12288 12288 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu pilihan masyarakat yang ingin memperoleh ilmu keterampilan tidak hanya teori saja tetapi juga praktikum untuk diterapkan di dunia kerja. Para peserta didik SMK rata-rata ingin langsung bekerja tanpa harus melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Oleh karena itu sekolah-sekolah menengah kejuruan menyediakan jurusan-jurusan yang sesuai dengan potensi di daerah tersebut. Khususnya kota Bojonegoro yang memiliki kandungan minyak dan gas yang sangat melimpah sehingga pada tahun 2004 didirikan SMKN 4 Bojonegoro yang pertama kali membuka jurusan geologi pertambangan di kota Bojonegoro bahkan di Jawa Timur. SMKN 4 Bojonegoro memiliki 5 guru produktif geologi pertambangan yang siap membimbing para 160 peserta didik jurusan geologi pertambangan. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini (1) Mendeskripsikan proses perencanaan kurikulum praktikum jurusan geologi pertambangan di SMKN 4 Bojonegoro (2) Mendeskripsikan pengorganisasian kurikulum praktikum jurusan geologi pertambangan di SMKN 4 Bojonegoro (3) Mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum praktikum jurusan geologi pertambangan di SMKN 4 Bojonegoro (4) Mendeskripsikan proses pengawasan dan evaluasi kurikulum praktikum jurusan geologi pertambangan di SMKN 4 Bojonegoro (5) Mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pelaksanaan kurikulum praktikum jurusan geologi pertambangan di SMKN 4 Bojonegoro dan (6) Mendeskripsikan pemecahan masalah faktor penghambat dalam pelaksanaan kurikulum praktikum jurusan geologi pertambangan di SMKN 4 Bojonegoro. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data display data dan verifikasi data. Kesimpulan penelitian ini (1) perencanaan kurikulum praktikum jurusan Geologi Pertambangan di SMKN 4 Bojonegoro. Kurikulum 2013 yang diterapkan jurusan geologi pertamabngan SMKN 4 Bojonegoro disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan sekolah. Setelah menyusun kurikulum untuk silabus yakni membuat RPP untuk tahap awal perencanaan. Tidak hanya itu saja perencanaan telah dirancang secara matang. Jurusan geologi pertambangan memiliki jumlah guru produktif yang memadai serta media atau sumber yang sangat mencukupi untuk terlaksananya kegiatan pembelajaran dan praktikum (2) pengorganisasian kurikulum praktikum jurusan Geologi Pertambangan di SMKN 4 Bojonegoro. Silabus dan RPP yang telah direncanakan segera diorganisasikan oleh waka kurikulum kepala program geologi pertambangan dan seluruh guru produktif geologi pertambangan. Kurikulum 2013 disesuaikan dengan kondisi jurusan geologi pertambangan. Kurikulum tersebut disusun per mata pelajaran dan per kompetensi dasar secara terpisah-pisah (3) pelaksanaan kurikulum praktikum jurusan Geologi Pertambangan di SMKN 4 Bojonegoro. Guru produktif geologi pertambangan menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan silabus dan RPP yang telah disusun. Pelaksanaan praktikum didampingi oleh guru produktif di setiap kompentensi dasar yang sedang ditempuh oleh peserta didik diantaranya ilmu perpetaan geologi dasar ilmu batuan (deskripsi batuan dan praktek) teknik peledakan dan pemboran preparasi bahan galian eksplorasi dan teknik penambangan geoteknik lalu studi lapangan (4) pengawasan kurikulum praktikum jurusan Geologi Pertambangan di SMKN 4 Bojonegoro. Pengawasan Kurikulum 2013 dilaksanakan oleh pihak sekolah selain pihak sekolah juga ada pengawas dari Dinas Pendidikan Kota Bojonegoro. Pengawas dari sekolah yaitu dilaksanakan oleh Kepala SMKN 4 Bojonegoro Waka Kurikulum Waka Manajemen Mutu dan jadwal pelaksanaannya setiap saat dan berkala (5) faktor pendukung dan faktor penghambat. Dilihat dari faktor penghambat ditemukan pada segi proses pelaksanaan kurikulum praktikum. Ditinjau dari kemampuan peserta didik yang berbeda-beda bahkan tingkat motivasinya juga berbeda-beda. Hal tersebut cukup menghambat proses ketika guru produktif geologi pertambangan sudah mengajarkan materi yang sesuai dengan silabus dan RPP namun masih ada peserta didik yang tidak mampu mengikuti dengan baik. Selanjutnya dilihat dari faktor pendukungnya meski masih ada peserta didik yang tidak mampu mengikuti pelajaran dengan baik tetapi di SMKN 4 Bojonegoro jumlah guru produktif geologi pertambangan dan guru-guru mata pelajaran penunjang lainnya sangat mencukupi untuk meng-handle peserta didik tersebut dan (6) pemecahan masalah. Pemecahan masalah untuk faktor penghambatnya ditinjau dari sisi peserta didik yaitu peserta didik diberikan materi dengan cara mengajar yang berbeda agar peserta didik tidak mudah jenuh dan materi yang diberikan oleh para guru dapat diterima dengan baik. Apabila ditinjau dari sisi guru/pendidik sekolah mengajak para pendidik untuk mengikuti pelatihan yang berguna untuk menunjang keahlian guru agar mampu mengajar dengan metode-metode yang lebih baru dan cocok dipergunakan. 12288 12288 12288 12288 Saran yang dapat diberikan (1) bagi Kepala SMKN 4 Bojonegoro hendaknya selalu berinovasi untuk menunjang segala kebutuhan yang diperlukan di jurusan geologi pertambangan agar nantinya output jurusan geologi pertambangan dapat bersaing dengan baik dan bisa mengharumkan nama SMKN 4 Bojonegoro (2) bagi Waka Kurikulum hendaknya senantiasa terus meningkatkan kegiatan mengawasi segala proses berjalannya kurikulum praktikum (3) bagi Waka Manajemen Mutu hendaknya terus meningkatkan standar manajemen mutu di SMKN 4 Bojonegoro dikarenakan perkembangan di era globalisasi ini sangatlah cepat (4) Kepala Program dan Guru Produktif Geologi Pertambangan selalu menjalin hubungan baik agar mampu berkerjasama dalam pelaksanaan kurikulum praktikum dengan baik (5) bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan penelitian ini dapat dijadikan bahan literatur dan kepustakaan untuk mahasiswa Administrasi Pendidikan dalam bidang manajemen kurikulum praktikum jurusan geologi pertambangan di sekolah menengah kejuruan dan (6) bagi peneliti lain penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan dalam menambah kajian tentang manajemen kurikulum praktikum jurusan geologi pertambangan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3638 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |