Peran kepala sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah (studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Pandanwangi 1 Malang) / Siti Mistrianingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran kepala sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah (studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Pandanwangi 1 Malang) / Siti Mistrianingsih

Mistrianingsih, Siti (2015) Peran kepala sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah (studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Pandanwangi 1 Malang) / Siti Mistrianingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mistrianingsih Siti. 2015. Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Pandanwangi 1 Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ali Imron M. Pd M. Si (II) Ahmad Nurabadi S. Pd M. Pd. Kata kunci peran kepala sekolah implementasi manajemen berbasis sekolah 12288 12288 12288 12288 Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dapat menjadikan peran para kepala sekolah sangat penting dalam meningkatkan kualitas lembaga pendidikan tenaga kependidikan input serta output sekolah. Dengan adanya MBS sebuah lembaga pendidikan memiliki otonomi pengelolaan terhadap substansi-substansi manajemen pendidikan. Munculnya MBS di beberapa negara memiliki latar belakang yang berbeda-beda antara lain sistem pendidikan. Pada tahun 1960 hingga 1970 ada pengenalan kurikulum baru dan pendekatan metode pengajaran baru akan tetapi hasilnya tidak memenuhi tujuan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. 12288 12288 12288 12288 Fokus penelitian yaitu (1) Implementasi MBS di SDN Pandanwangi 1 Malang (2) Peran kepala sekolah dalam implementasi MBS di SDN Pandanwangi 1 Malang dan (3) Faktor pendukung dan penghambat peran kepala sekolah dalam implementasi MBS di SDN Pandanwangi 1 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini peneliti merupakan satu-satunya pengumpul data dan melakukan beberapa teknik pengumpulan data di dalam proses penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi partisipan wawancara dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber teknik dan waktu. Peneliti melakukan analisis data yaitu pengumpulan data reduksi data penyajian data dan verifikasi data/kesimpulan. 12288 12288 12288 12288 Hasil yang diperoleh dari penelitian ini pada masing-masing fokus penelitian dijelaskan sebagai berikut. Pertama SDN Pandanwangi 1 Malang melaksanakan MBS dengan menerapkan tujuh pilar MBS meliputi manajemen kurikulum manajemen pendidik dan tenaga kependidikan manajemen peserta didik manajemen sarana dan prasarana manajemen pembiayaan manajemen humas dan manajemen budaya dan lingkungan sekolah. Implementasi MBS kepala sekolah memiliki prinsip dan strategi yaitu pengelolaan mandiri oleh sekolah sesuai dengan kebutuhan sekolah yang dianalisis melalui EDS dan kuesioner manajemen sekolah berpedoman dengan SOP pelibatan warga sekolah dalam kegiatan sekolah dan komunikasi dengan banyak pihak serta duduk dalam satu ruang. Kedua dalam menerapkan konsep MBS diperlukan berbagai peran dari kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah. Peran yang dilakukan oleh kepala SDN Pandanwangi 1 Malang antara lain yaitu sebagai edukator manager administrator supervisor leader innovator dan motivator. Ketiga faktor pendukung peran kepala sekolah adalah motivasi guru untuk bekerja dan belajar terciptanya kekeluargaan di sekolah peran serta masyarakat baik fasilitas belajar lengkap adanya Standart Operating Procedure (SOP) guru menguasai Ilmu Teknologi (IT) dan progam sekolah sebagai upaya meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Faktor penghambat peran kepala sekolah antara lain sulitnya adaptasi guru terhadap perubahan minimnya jumlah guru minimnya inovasi dan kreasi guru dalam penggunaan sumber belajar belum optimal dalam menggunakan teknologi ke dalam proses pembelajaran SOP belum dilaksanakan secara optimal metode pembelajaran kurang variatif pendampingan dalam kegiatan pembelajaran di perpustakaan masih rendah dan didominasi oleh masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Solusi terhadap permasalahan yang ada yaitu kepala sekolah membuat dan menyusun SOP. SOP tersebut terdiri dari SOP sie kurikulum SOP UKS SOP Keuangan SOP Profesi Siswa SOP Sarpras dan SOP sie Keamanan. Selain SOP ada juga Evaluasi Diri Sekolah (EDS) yang merupakan alat tolok ukur untuk mengidentifikasi dan menganalisis kekuatan dan kelemahan sekolah terkait dengan manajemennya. 12288 12288 12288 12288 Saran yang dapat peneliti sampaikan kepada beberapa pihak yaitu (1) kepala sekolah untuk lebih intensif dalam mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan yang dimiliki sekolah dengan melibatkan seluruh komponen sekolah dan masyarakat. Mendokumentasikan seluruh administrasi pada setiap pilar MBS dengan lebih rapi dan tetap melibatkan potensi masyarakat dalam kegiatan sekolah dan pengambilan keputusan. Serta menganalisis hasil temuan sebagai bahan evaluasi program dan kegiatan dalam MBS berikutnya (2) pengawas sekolah diharapkan lebih intensif dalam melaksanakan pengawasan terhadap kinerja kepala sekolah dalam pelaksanaan MBS lebih mampu dalam menyatukan komponen antara pemerintah pusat dan sekolah serta berperan aktif dalam membantu kepala sekolah dalam memajukan sekolah (3) guru dan staf lebih mengembangkan potensi dan profesionalitas kerja mempertahankan sikap disiplin yang telah dibina tetap menegakkan budaya kekeluargaan dan apabila ada kendala dalam melaksanakan MBS dan belum menemukan solusi maka diharapkan mencari literatur yang berkaitan dengan MBS disamping solusi yang diberikan oleh kepala sekolah (4) komite sekolah berperan lebih aktif dalam membantu kegiatan-kegiatan sekolah membangun komunikasi dan kerja sama yang lebih baik antara pengurus komite sekolah orangtua peserta didik dan kepala sekolah serta lebih aktif dan kreatif dalam memberdayakan potensi-potensi masyarakat (5) bagi ketua jurusan AP hasil penelitian dapat dijadikan sebagai referensi tambahan dalam pengembangan teori kepemimpinan pendidikan sehingga dapat memperkaya ilmu terutama di jurusan AP sendiri (6) hasil penelitian ini masih terbatas sehingga disarankan kepada peneliti lain agar lebih mengembangakan pemikiran terhadap konsep implementasi MBS dengan beracuan pada hasil penelitian. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3637

Actions (login required)

View Item View Item