Pengaruh corporate governance terhadap peringkat obligasi pada perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2007-2009 / Retno Palupiningsih

Palupiningsih, Retno (2011) Pengaruh corporate governance terhadap peringkat obligasi pada perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2007-2009 / Retno Palupiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Corporate Governance, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, Komite Audit, Peringkat Obligasi Obligasi merupakan salah satu alternatif investasi selain saham. Meskipun obligasi relatif aman dibandingkan saham, namun obligasi memiliki resiko tidak terbayarnya bunga dan pokok utang. Oleh sebab itu, berinvestasi pada obligasi sebaiknya memperhatikan peringkat obligasi. Tinggi rendahnya peringkat obligasi menggambarkan kualitas kredit suatu perusahaan. Banyak faktor yang mempengaruhi peringkat obligasi salah satunya adalah penerapan corporate governance pada perusahaan penerbit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh corporate governance terhadap peringkat obligasi. Proksi corporate governance dalam penelitian ini adalah kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen, dan komite audit. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh antara variabel independen (corporate governance) dengan variabel dependen (peringkat obligasi) secara parsial maupun simultan serta mencari variabel mana yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap peringkat obligasi. Sampel yang digunakan adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007 -2009 sebanyak 153 perusahaan. Pemilihan sampel berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi logistik biner untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial variabel kepemilikan institusional dan komite audit berpengaruh positif secara signifikan terhadap peringkat obligasi. Sedangkan kepemilikan manajerial dan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap peringkat obligasi. Secara simultan penelitian ini membuktikan bahwa kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen, dan komite audit berpengaruh terhadap peringkat obligasi. Dari hasil penelitian dapat dilihat pula bahwa komite audit merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap peringkat obligasi. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah memperpanjang periode penelitian, memfokuskan penelitian pada kelompok perusahaan tertentu, dan menggunakan komponen corporate governance yang lebih komprehensif atau menambah variabel lain selain variabel corporate governance.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36365

Actions (login required)

View Item View Item