Pengaruh struktur modal terhadap return on equity (ROE) pada perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEJ) periode tahun 2008 / Anggi Pristyan Agustina

Agustina, Anggi Pristyan (2011) Pengaruh struktur modal terhadap return on equity (ROE) pada perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEJ) periode tahun 2008 / Anggi Pristyan Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Return On Equity (ROE), Struktur Modal Rasio profitabilitas mengukur kemampuan perusahaan menghasilkan keuntungan (profitabilitas) pada tingkat penjualan, aset, dan modal saham tertentu. Rasio ini juga memberikan ukuran tingkat efektivitas manajemen suatu perusahaan. Return on equity (ROE) mengukur kemampuan perusahaan menghasilkan laba berdasarkan modal saham tertentu. ROE menunjukkan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan bagi pemilik modal sendiri yang ada dalam perusahaan itu. Rasio ini juga dipengaruhi oleh besar kecilnya hutang perusahaan, apabila proporsi utang semakin besar maka rasio ini juga akan semakin besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal terhadap tingkat return on equity (ROE) pada perusahaan LQ 45 yang listing di BEI. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2008, sehingga diperoleh sampel sebanyak 37 perusahaan yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan uji hipotesis t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur modal berpengaruh signifikan terhadap Return on Equity (ROE) dari perusahaan-perusahaan yang dijadikan sampel penelitian Hal ini terjadi karena dimungkinkan penggunaan modal perusahaan yang berasal dari ekuitas yang lebih besar dari modal hutang atau struktur modal suatu perusahaan menggunakan hutang jangka panjang dengan tingkat bunga lebih rendah dari rentabilitas ekonomi. Saran dalam penelitian ini untuk peneliti selanjutnya diharapkan (1) menambah jumlah sampel baik dari perusahaan yang sama ataupun berbeda dengan tahun-tahun berikutnya, (2) dapat menambah jumlah variabel yang dapat mempengaruhi Return on Equity, karena dengan ditambahnya jenis variabel diharapkan model regresi yang terbentuk lebih efektif dalam mengukur faktor-faktor yang mempengaruhi nilai Return on Equity. Bagi investor diharapkan dari hasil penelitian ini dapat mampu mengukur tingkat perkembangan laba perusahaan dimasa yang akan datang, karena dengan pertumbuhan laba perusahaan yang baik berarti ada kenaikan profitabilitas perusahaan yang erat kaitannya dengan biaya yang dikeluarkan dan penggunaan aset serta keberhasilan manajemen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36347

Actions (login required)

View Item View Item