Pengaruh informasi laporan pertanggungjawaban sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) terhadap return saham (studi empiris pada Perusahaan Pemenang Indonesia Sustainability Reporting Awards (ISRA) tahun 2007, 2008, dan 2009) / Irene Trisnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh informasi laporan pertanggungjawaban sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) terhadap return saham (studi empiris pada Perusahaan Pemenang Indonesia Sustainability Reporting Awards (ISRA) tahun 2007, 2008, dan 2009) / Irene Trisnawati

Trisnawati, Irene (2011) Pengaruh informasi laporan pertanggungjawaban sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) terhadap return saham (studi empiris pada Perusahaan Pemenang Indonesia Sustainability Reporting Awards (ISRA) tahun 2007, 2008, dan 2009) / Irene Trisnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Corporate Social Responsibility Return Saham Perusahaan memerlukan informasi dalam bisnis informasi merupakan kebutuhan yang mendasar bagi para investor dan calon investor untuk pengambilan keputusan. Adanya informasi yang lengkap akurat serta tepat waktu memungkinkan investor untuk melakukan secara rasional. Informasi tersebut berupa laporan keuangan yang bersifat wajib atau mandatory (laporan laba rugi neraca laporan arus kas catatan atas laporan keuangan laporan perubahan modal) serta laporan pendukung lainnya yang bersifat sukarela atau voluntary yang dimungkinkan dapat meningkatkan nilai perusahaan seperti laporan pertanggungjawaban sosial perusahaan yang biasa disebut Corporate Social Responsibility Report yang merupakan laporan yang disusun oleh perusahaan sebagai sarana pengkomunikasian dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan ekonomi perusahaan terhadap kelompok khusus yang berkepentingan dan terhadap masyarakat secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh informasi laporan CSR terhadap return saham. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang bersifat menjelaskan (eksplanatif). Penelitian ini menggunakan perusahaan pemenang Indonesia Sustainability Reporting Awards Tahun 2007 2008 dan 2009 sebagai sampel penelitian dengan menggunakan metode purposif bertingkat (stratified purposive sampling). Variabel dependen adalah return saham dihitung dengan capital gain sedangkan variabel independen adalah informasi laporan pertanggungjawaban sosial perusahaan (CSR) yang diukur dengan metode checklist terhadap 78 item pengungkapan. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini didapatkan dari ICMD dan CSR Report. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa CSR tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham perusahaan pemenang ISRA Tahun 2007 2008 dan 2009. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil pengujian nilai Sig untuk perusahaan pemenang ISRA Tahun 2007 sebesar 0 334 untuk pemenang ISRA Tahun 2008 sebesar 0 713 dan untuk pemenang ISRA Tahun 2009 sebesar 0 865. Nilai Sig tersebut lebih besar dari 0 05 sehingga tidak sesuai dengan hipotesis yang diajukan oleh peneliti. Alasan yang menjadikan CSR tidak berpengaruh terhadap return saham perusahaan pemenang ISRA Tahun 2007 2008 dan 2009 yaitu pelaksanaan CSR hanya dijadikan sebagai alasan untuk membangun image dan meningkatkan reputasi perusahaan selain itu ada pertimbangan cost and benefit untuk pelaksanaan CSR. Bagi peneliti selanjutnya perlu untuk memperluas sampel dan memperpanjang jangka waktu penelitian juga dapat ditambahkan variabel lain yang dapat mempengaruhi return saham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36345

Actions (login required)

View Item View Item