Pengembangan UI dan UX dengan metode design thinking pada aplikasi UMobile / William Arkananta Radisyandana</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan UI dan UX dengan metode design thinking pada aplikasi UMobile / William Arkananta Radisyandana</p>

Radisyandana, William Arkananta (2024) Pengembangan UI dan UX dengan metode design thinking pada aplikasi UMobile / William Arkananta Radisyandana</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

p Perkembangan teknologi pada masa kini semakin pesat khususnya perkembangan aplikasi mobile. Ini dibuktikan dari adanya peningkatan jumlah aplikasi mobile pada Google Play Store dan Appstore. Aplikasi mobile dapat digunakan oleh berbagai kalangan khususnya mahasiswa. Untuk membantu proses perkuliahan dari mahasiswa Universitas Negeri Malang mengembangkan aplikasi UMobile. Namun sayangnya mahasiswa Universitas Negeri Malang sendiri belum banyak yang menggunakan aplikasi ini. Salah satu penyebab dari hal tersebut adalah user interface yang kurang baik sehingga memberi dampak pada user experience yang kurang baik pula. User interface yang baik diperlukan agar pengguna dapat berinteraksi dengan baik pada sistem yang dikembangkan. Sementara itu untuk mendapatkan user interface yang baik maka perlu menerapkan desain user experience yang baik pula. Dengan menerapkan metode design thinking maka penelitian ini dapat memecahkan permasalahan kompleks yang dialami pengguna saat ini dengan menerapkan solusi yang kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan user experience dari aplikasi UMobile dan memperbaiki user interface yang ada. Dengan menggunakan metode design thinking maka akan dapat mengidentifikasi karakteristik dari pengguna dengan melewati beberapa tahapan. Pada tahap pertama dilakukan pencarian data mengenai permasalah pengguna. Setelah mendapat data tersebut kemudian hasilnya dianalisis agar peneliti dapat menghasilkan ide-ide yang dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Tahap selanjutnya merupakan perancangan ulang dari user interface aplikasi UMobile dengan menggunakan aplikasi Figma. Dan pada tahap terakhir dilakukan pengujian untuk mengetahui hasil dari perancangan ulang yang dilakukan. Pada tahap pertama peneliti melakukan observasi pada Google Play Store dengan mengumpulkan ulasan serta rating yang diberikan pengguna. Pada observasi ini didapatkan saran-saran untuk perbaikan yang dapat dilakukan. Selanjutnya pada tahap ini juga dilakukan pengisian kuisioner SUS oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang. Dari kuisioner tersebut dapat diketahui bahwa aplikasi UMobile mendapat skor 59 8 sehingga diperlukan adanya perbaikan. Setelah mendapat hasil tersebut peneliti membuat user persona user journey map dan jobs to be done pada tahap selanjutnya dari design thinking. Hal ini dapat membantu untuk mendefinisikan permasalahan yang didapat pada tahap pertama. Pada tahap ketiga peneliti membuat affinity diagram yang dapat mengelompokkan ide-ide yang dikemukakan sehingga mempermudah perancangan ulang. Selain itu information architecture juga dibuat pada tahap ini yang berguna sebagai fondasi dari perancangan ulang. Pada tahap keempat peneliti mulai merancang desain UI dari aplikasi UMobile. Perancangan ini terdiri dari 3 bagian yaitu wireframe high-fidelity design dan prototype design. Setelah selesai dengan prototype maka dapat dilakukan pengujian pada tahap akhir. Untuk melakukan pengujian peneliti menggunakan aplikasi Maze Design yang dapat membantu proses dari usability testing. Dengan menyiapkan beberapa task yang akan dikerjakan peneliti bisa mendapat hasil dari usability testing tersebut berupa tingkat keberhasilan task sebesar 94% rata-rata durasi selama 64 3 sekon dan tingkat kesalahan pengguna sebesar 36 2%. Selain itu peneliti juga menyiapkan kuisioner yang sama seperti tahap pertama agar dapat membandingkan hasil perancangan ulang yang didapatkan. Kuisioner tersebut menghasilkan skor SUS sebesar 75 8 yang menunjukkan adanya peningkatan sebesar 16 poin dari perancangan ulang yang dilakukan. Sehingga dapat diketahui bahwa penggunaan metode design thinking dapat meningkatkan user experience serta memperbaiki user interface dari aplikasi UMobile. /p

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/363343

Actions (login required)

View Item View Item