Manajemen sarana dan prasarana di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (studi kasus di TK Negeri Pembina 3 Kota Malang) / Ika Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen sarana dan prasarana di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (studi kasus di TK Negeri Pembina 3 Kota Malang) / Ika Lestari

Lestari, Ika (2015) Manajemen sarana dan prasarana di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (studi kasus di TK Negeri Pembina 3 Kota Malang) / Ika Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lestari Ika. 2014. Manajemen Sarana dan Prasarana di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus Di TK Negeri Pembina 3 Kota Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Program Studi Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Timan M.Pd (II) Asep Sunandar S.Pd M.AP Kata kunci manajemen sarana dan prasarana pendidikan anak usia dini Keberhasilan program pendidikan melalui proses belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu di antaranya adalah tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai disertai pemanfaatan dan pengelolahan secara optimal. Adapun salah satu tujuan manajemen sarana dan prasarana adalah untuk mengupayakan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan melalui system manajemen yang hati-hati dan seksama. TK Negeri Pembina 3 Kota Malang merupakan sekolah yang berdiri pada tahun 2007 dan beroperasi pada tahun 2008. Sekolah ini memiliki fasilitas yang bagus untuk mendorong peserta didik untuk lebih rajin. Peneliti hendak mengkaji tentang proses manajemen sarana dan prasarana di TK Negeri Pembina 3 Kota Malang. Berdasarkan konteks penelitian fokus penelitian ini yaitu (1) perencanaan sarana dan prasarana (2) pengadaan sarana dan prasarana (3) pendistribusian sarana dan prasarana (4) pemeliharaan sarana dan prasarana (5)penginventarisasian sarana dan prasarana (6) penghapusan sarana dan prasarana dan(7) pengevaluasian sarana dan prasarana di TK Negeri Pembina 3 Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian kualitatif berusaha mengungkapkan gejala secara menyeluruh dan sesuai dengan konteks (holistik-kontekstual) melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci. Penelitian kualitatif ini menggunakan desain penelitian studi kasus dalam arti penelitian difokuskan pada satu fenomena saja yang dipilih dan ingin dipahami secara mendalam dengan mengabaikan fenomena-fenomena lainnya. Alasan peneliti memilih TK Negeri Pembina 3 Kota Malang adalah lembaga pendidikan ini merupakan lembaga pendidikan yang menjadi sekolah inti yaitu sekolah yang menjadi percontohan untuk sekolah-sekolah yang berada pada satu gugus. Sekolah ini menjadi pusat perkumpulan dari sekolah-sekolah yang ada pada satu gugus. Hasil penelitian menemukan bahwa manajemen sarana dan prasarana di TK Negeri Pembina 3 Kota Malang mempunyai tahap yang harus dilakukan yaitu (1) perencanaan sarana dan prasarana dilakukan dengan rapat koordinasi yang melibatkan beberapa pihak yaitu kepala sekolah koordinator sarana dan prasarana guru dan komite sekolah (2) pengadaan sarana dan prasarana menggunakan tiga dana yaitu dana pengembangan pendidikan (DPP) iuran komite / sumbangan penyelenggaraan pendidikan (SPP) serta dana dari pemerintah (3) pendistribusian sarana dan prasarana dilakukan secara langsung yaitu pendistribusian tersebut dilakukan jika ada pengajuan dari masing-masing unit yang membutuhkan (4) pemeliharaan sarana dan prasarana dilakukan dengan cara pemeliharaan secara berkala dan pemeliharaan jangka panjang (5) penginventarisasian sarana dan prasarana sekolah dilakukan oleh koordinator sarana dan prasarana sedangkan untuk sarana dan prasarana kelas dilakukan oleh guru kelas (6) penghapusan sarana dan prasarana belum dilakukan karena sekolah berdiri pada tahun 2006 dan sarana dan prasarana di sekolah masih layak untuk digunakan serta (7) pengevaluasian sarana dan prasarana dilakukan pada saat awal dan akhir suatu program pada kegiatan ini melibatkan peguyuban kelas dan guru kelas yang selanjutnya ditindaklanjuti oleh kepala sekolah. Saran dalam penelitian ini ditujukan (1) Kepala TK Negeri Pembina 3 Kota Malang lebih mengintensifkan penginventarisasian di kelas agar sekolah memiliki arsip sarana dan prasarana (2) Koordinator Sarana dan Prasarana TK Negeri Pembina 3 Kota Malang agar lebih meningkatkan koordinasi dan memaksimalkan anggaran yang digunakan untuk pengadaan sarana dan prasarana (3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya mempertahankan dan menambah referensi untuk mata kuliah manajemen sarana dan prasarana agar mahasiswa lebih mudah untuk mengakses (4) Orang-tua hendaknya lebih memahami dan memperhatikan pendidikan khususnya manajemen sarana dan prasarana serta (5) Peneliti lain diharapkan dapat memberikan wawasan dan informasi mengenai penelitian yang sejenis sehingga lebih memaksimalkan hasil yang diperoleh peneliti selanjutnya yang difokuskan terhadap penghapusan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3632

Actions (login required)

View Item View Item