Analisa karakteristik perusahaan dan pengaruhnya terhadap tingkat pengungkapan informasi sosial dalam laporan tahunan perusahaan (studi empiris pada perusahaan yang tergolong high profile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia) / Muhammad Nur Holiq - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisa karakteristik perusahaan dan pengaruhnya terhadap tingkat pengungkapan informasi sosial dalam laporan tahunan perusahaan (studi empiris pada perusahaan yang tergolong high profile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia) / Muhammad Nur Holiq

Holiq, Muhammad Nur (2011) Analisa karakteristik perusahaan dan pengaruhnya terhadap tingkat pengungkapan informasi sosial dalam laporan tahunan perusahaan (studi empiris pada perusahaan yang tergolong high profile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia) / Muhammad Nur Holiq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengungkapan Sosial Ukuran Perusahaan Profitabilitas Leverage. Setiap perusahaan memiliki karakteristik berbeda satu entitas dengan entitas lainnya. Karakteritik tersebut dianggap dapat mempengaruhi keputusan pengungkapan informasi sosial yang dilakukan perusahaan dalam laporan tahunannya. Karakteristik perusahaan dapat dilihat dari beberapa faktor antara lain ukuran perusahaan profitabilitas dan leverage. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karateristik perusahaan yang dilihat dari sisi ukuran perusahaan profitabilitas dan leverage terhadap tingkat pengungkapan informasi sosial dalam laporan tahunan perusahaan baik secara parsial maupun secara simultan. Data yang digunakan bersumber dari ICMD (Indonesian Capital Market Directory) dan laporan tahunan perusahaan tahun 2007 dan 2008. Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan yang tergolong high profile yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2007 dan 2008 namun setelah digunakan metode purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 80 perusahaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik dan uji hipotesis t secara parsial serta uji hipotesis F secara simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial hanya variabel ukuran perusahaan yang memiliki pengaruh postif signifikan terhadap tingkat pengungkapan informasi sosial dalam laporan tahunan perusahaan. Secara simultan variabel ukuran perusahaan profitabilitas dan leverage berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengungkapan informasi sosial dalam laporan tahunan perusahaan. Saran dari penelitian ini adalah (1) Untuk penelitian berikutnya diharapkan menggunakan periode pengamatan yang lebih lama sehingga dapat lebih menjelaskan pengungkapan sosial perusahaan sampel penelitian yang akan digunakan tidak hanya terbatas pada perusahaan yang tergolong high profile saja dan menambahkan atau menggunakan variabel lain untuk menemukan suatu model standar pendugaan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. (2) Bagi manajemen perusahaan diharapkan lebih terbuka dalam mengungkapkan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan tanggung jawab sosial dalam laporan tahunannya. (3) Bagi pemerintah dan IAI diharapkan mampu merumuskan suatu kebijakan untuk menjadikan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai mandatory disclosure mengingat masih rendahnya tingkat pengungkapan informasi sosial perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36314

Actions (login required)

View Item View Item