Ajitiandhama, Dian Oki (2015) Manajemen sarana dan prasarana asrama sekolah (studi kasus di Ma'had Al Qalam MAN 3 Malang) / Dian Oki Ajitiandhama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ajitiandhama Dian Oki. 2014. Manajemen Sarana dan Prasarana Asrama Sekolah (Studi Kasus di Ma had Al Qalam MAN 3 Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Imron Arifin M. Pd (II) Drs. Agus Timan M.Pd. Kata kunci manajemen sarana dan prasarana kualitas pendidikan Sarana dan prasarana di sekolah merupakan hal yang sangat penting dalam kelancaran pendidikan di sekolah hal ini karena sarana dan prasarana dapat mendukung kelancaran di dalam pengajaran maupun yang lainnya. Begitu juga pada asrama sekolah. Di asrama sekolah peserta didik akan dikenalkan dengan kebiasaan-kebiasaan dan nilai-nilai luhur terkait dengan profesi yang hendak dibentuk. Asrama sekolah menyatukan kedekatan antara siswa dan guru dalam sekolah berasrama yang tercipta oleh intensitas pertemuan yang memadai dan akan mempermudah proses transfer ilmu dan internalisasi nilai-nilai dari pendidik ke peserta didik. Manajemen sarana dan prasarana asrama sekolah ditujukan untuk memperlancar proses dalam hal sarana dan prasarana asrama sekolah. Fokus penelitian ini yaitu manajemen sarana dan prasarana dengan sub fokus sebagai berikut (1) perencanaan sarana dan prasarana di Ma had Al Qalam MAN 3 Malang (2) pengorganisasian sarana dan prasarana di Ma had Al Qalam MAN 3 Malang (3) pelaksanaan sarana dan prasarana di Ma had Al Qalam MAN 3 Malang (4) pengawasan sarana dan prasarana di Ma had Al Qalam MAN 3 Malang dan (5) faktor penyebab dan faktor penghambat dalam proses manajemen sarana dan prasarana di Ma had Al Qalam MAN 3 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif studi kasus tunggal. Data penelitian berupa paparan proses manajemen sarana dan prasarana kendala-kendala atau faktor penghambat serta faktor pendukung dalam manajemen sarana dan prasarana di Ma had Al Qalam MAN 3 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu berupa instrumen kunci yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari mereduksi data display data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh lima temuan hasil penelitian sebagai berikut (1) manajemen sarana dan prasarana asrama sekolah mempunyai peran yang secara langsung membantu kelancaran asrama sekolah (2) proses manajemen sarana dan prasarana meliputi perencanaan sarana dan prasarana dalam setiap mengadakan sarana dan prasarana selalu mengadakan perencanaan untuk mengetahui barang apa saja yang dibutuhkan (3) pengorganisasian sarana dan prasarana dilakukan untuk mengatur mekanisme kerja organisasi agar dapat menjamin pencapaian tujuan yang ditentukan (4) pelaksanaan pengadaan sarana dan prasarana pengadaan sarana dan prasarana bisa dilakukan oleh pihak asrama sekolah sendiri atau menggunakan pihak ketiga sebagai pelakunya serta (5) pengevaluasian sarana dan prasarana untuk mengetahui bahwa hasil pelaksanaan pekerjaan sedapat mungkin sesuai dengan rencana. Kendala-kendala yang dihadapi yaitu masalah anggaran dan tenaga untuk pemeliharaan proses pelaksanaannya serta sarana dan prasarana yang belum bisa terpenuhi secara maksimal. Faktor pendukung lebih kepada dukungan dari Kepala MAN 3 Malang sehingga ketika keuangan ma had tidak mendapatkan dana yang cukup komite membantu dalam pendanaannya. Dalam proses manajemen sarana dan prasarana selain faktor internal pengurus juga faktor eksternal yaitu para santri yang juga peduli dalam pemeliharaan sarana dan prasarana yang ada. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada (1) Kepala MAN 3 Malang hendaknya menambah dana anggaran untuk pembangunan Ma had Al Qalam MAN 3 Malang agar dapat terselesaikan secara tepat waktu dan juga memberikan kenyaman bagi para santri (2) Kepala Ma had Al Qalam MAN 3 Malang agar lebih meningkatkan lagi kinerjanya agar proses manajemen sarana dan prasarana di Ma had Al Qalam MAN 3 Malang dapat berjalan dengan efektif dan efisien (3) pengurus Ma had Al Qalam MAN 3 Malang hendaknya segera memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana di Ma had Al Qalam MAN 3 Malang agar dalam kegiatannya dapat berjalan lancar efektif dan efisien (4) Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya dapat menjadikan bahan ini sebagai referensi tambahan dalam hubungannya dengan mata kuliah Manajemen Sarana dan Prasarana (5) Peneliti lain hendaknya melakukan penelitian pengembangan tentang manajemen sarana dan prasarana asrama/ma had dengan menambah situs penelitian yaitu dengan lebih memperdalam fokus dan kajian teori.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3631 |
Actions (login required)
View Item |